Tips Follow Up Customer sampai Close Deal

Sep 1, 2022

Follow up secara bahasa adalah menindak lanjuti. Secara makna bisnis follow up adalah sebuah proses untuk Menindaklanjuti pelanggan tidak hanya membantu bisnis untuk mempertahankan pelanggan, tetapi juga dapat memberikan layanan pelanggan yang berkualitas. Lalu bagaimana cara follow up customer yang baik? yuk simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

– Memenuhi harapan pelanggan

Follow up berkala dengan pelanggan, seperti pertanyaan tentang layanan atau bantuan dapat membantu pelanggan memenuhi harapan mereka setelah melakukan transaksi pembelian dengan bisnis Anda.

Hal ini juga memberi mereka lebih banyak alasan untuk mendapatkan produk Anda. Ingat, pelanggan yang puas adalah sumber terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda dan mendapatkan pelanggan baru!

– Menghargai pelanggan

Mengirim email kepada pelanggan Anda setelah Anda melayani mereka secara langsung atau menyelesaikan masalah mereka melalui telepon akan membuat mereka merasa penting, dan memberitahu mereka bahwa Anda menghargai mereka.

Mengingat, pelanggan Anda mungkin melakukan sedikit upaya ekstra untuk berinteraksi, berkomunikasi, atau melakukan transaksi pembelian atas produk atau layanan Anda.

–  Meningkatkan pengalaman pelanggan

Pelanggan tidak akan menilai bisnis Anda hanya dari satu pengalaman yang mereka miliki dengan perwakilan penjualan Anda, tetapi ini hanya berdasarkan akumulasi pengalaman mereka saat berinteraksi dengan bisnis Anda.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan tindak lanjut pelanggan guna memastikan bahwa setiap pelanggan memiliki pengalaman yang menyenangkan dan positif dengan bisnis Anda.

– Membangun hubungan pelanggan yang lebih kuat

Menindaklanjuti pelanggan, baik melalui telepon, email, atau sarana lainnya, akan membantu Anda untuk membina hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.

Ketika mereka merasa dihargai dan Anda berkomitmen untuk mempertahankan bisnis dengan mereka, maka mereka akan lebih cenderung setia pada merek Anda dibandingkan dengan orang lain yang tidak mau repot-repot membangun hubungan dekat dengan mereka.

–  Meningkatkan customer retention

Retensi pelanggan sangat penting untuk bisnis apapun karena membantu meningkatkan profitabilitas bisnis dalam beberapa cara yang mungkin tidak Anda sadari.

Ketika pelanggan tidak senang, mereka cenderung beralih ke kompetitor tanpa berbicara dengan departemen layanan pelanggan Anda. Jika hal ini terjadi, maka akan sulit bagi Anda untuk mengidentifikasi hal apa saja yang perlu diperbaiki guna mempertahankan pelanggan.

Oleh karena itu,untuk mengetahui apa yang pelanggan Anda rasakan tentang produk atau layanan Anda untuk selalu menghubungi mereka. Sehingga, Anda dapat mempertahankan mereka dan bahkan menjadikannya pelanggan yang loyal.

– Membuka peluang penjualan

Dengan melakukan follow up customer berarti Anda menjaga agar tetap terhubung dengan pelanggan. Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk membuka peluang penjualan baru.

Biasanya, seorang perwakilan dapat bertanya kepada pelanggan bagaimana layanan atau produk mereka bekerja, dan menyarankan item tambahan yang dapat membuat pengalaman mereka menjadi lebih baik.

Photo by Charanjeet Dhiman / Unsplash

Tips Sukses Follow Up Customer

1. Perhatikan Waktu sebelum Memutuskan untuk Follow Up Customer

Masing-masing dari customer pasti mempunyai waktu kesibukan yang tidak sama. Jika pihak customer meninggalkan pesan akan menghubunginya kembali maka tunggulah sampai customer tersebut menghubungi kembali.

Apabila tak kunjung menghubungi juga cobalah memberikan waktu tambahan. Paling tidak beberapa hari atau 1 minggu. Jangan terus menerus menghubungi customer, karena hal ini justru akan membuat mereka merasa risih.

2. Mengikuti Kegiatan Online Customer

Ada baiknya juga jika mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh customer sebelum memfollow up nya. Hal ini mempunyai tujuan supaya lebih mendekatkan diri kepada konsumen. Teknik yang bisa dilakukan yaitu dengan memberikan like, komentar, atau share pada sosial medianya.

Supaya customer tidak merasa risih maka Anda juga tidak boleh melakukan teknik ini terlalu sering. Bersikaplah elegan saat ingin memfollow up customer supaya tidak memberikan kesan terlalu mengejar target.

3. Terhubung di Jejaring Profesional

Apabila sudah menjalin hubungan yang dahsyat kepada calon customer melalui sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter maupun komunitas yang lainnya kini saatnya meminta untuk bisa terhubung melalui jejaring profesional.

Teknik ini mempunyai tujuan supaya menunjukkan pengalaman maupun status yang dimiliki. Seperti pekerjaan, kemampuan, maupun prestasi yang pernah dicapai nya. Saat calon customer mulai tertarik bahkan mengenal profesi tersebut, fokuskan terhadap rencana follow-up untuk kepentingan bisnis.

4. Tidak Menekan Customer

Jangan pernah sekali-kali menekan customer hanya untuk mendapatkan jawaban. Jika terlalu menekan maka potensi pembelian produk yang ditawarkan justru memudar. Untuk poin yang satu ini memang sangat erat kaitanya dengan poin sebelumnya.

Hal ini dikarenakan calon customer juga membutuhkan waktu yang mungkin digunakan untuk bisa mencari informasi seputar perusahaan atau produk yang ditawarkan tersebut.

5. Jangan Mengejar Customer dalam Waktu yang Berdekatan

Jangan follow up dalam waktu yang terlalu berdekatan, berikan jarak waktu. Jika Anda follow up terlalu intense sampai setiap hari, maka calon pembeli akan merasa dikejar akhirnya malah ragu dan tentu akan merugikan bisnis Anda. Calon pembeli memiliki hak untuk memutuskan membeli atau tidak produk Anda. Bersikap mengejar yang ada Anda malah di block.

Lebih bagus lagi apabila Anda melakukan follow up dengan pendekatan yang komunikatif, ramah, dan profesional, yang pasti akan dipandang positif di mata konsumen. Terlebih jika Anda juga tidak melulu “menagih” prospek agar membeli produk Anda saat melakukan follow up, yang malah bisa membuat prospek jadi kabur dan kapok.

Follow Up Customer Anda Lebih Mudah Bersama dengan Maxchat.id

Follow up customer menjadi solusi untuk bisnis melakukan penjualan. Pasalnya follow up mampu meningkatkan penjualan secara langsung. Oleh karena itu, bisnis harus melakukan follow up customer, baik sebelum atau sesudah membeli produk.
Banyak media yang bisa digunakan untuk follow up customer seperti sistem customer service atau call center yang efektif. Namun, semua aktivitas follow up tersebut akan lebih mudah apabila Anda menggunakan aplikasi customer service  dari Maxchat.  
Aplikasi customer service Maxchat memiliki berbagai fitur canggih yang dapat membantu Anda untuk melakukan follow up customer secara mudah, apalagi anda dapat mencoba Demo gratis.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.