3 Fungsi Utama Kode OTP dari WhatsApp Business API

Transaksi digital pada saat ini telah banyak digunakan oleh berbagai pihak. Proses melakukan transaksi digital biasanya memerlukan kode keamanan untuk memverifikasi identitas pengguna.

Kode tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa yang melakukan transaksi adalah pemilik akun yang sah, sehingga mencegah kemungkinan akses yang tidak sah atau dari orang lain.

OTP atau One Time Password sebagai kode keamanan banyak juga digunakan untuk mengakses aplikasi tertentu supaya keamanan akun lebih terjaga dari aksi pelaku kejahatan.

Mungkin saja kamu pernah mendapat kode OTP dari WhatsApp atau SMS saat melakukan transaksi digital dan mengakses akun aplikasi.

Sebenarnya apa itu One Time Password dan funsinya? Kenali itu semua sebagai solusi keamanan terbaik melalui artikel ini.

Pengertian One Time Password (OTP)

One Time Password (OTP) adalah kode keamanan yang diberikan oleh seseorang untuk memverifikasi identitas pengguna. Pada dasarnya, OTP hanya bisa digunakan satu kali dan akan berubah jika memerlukan lagi.

Metode keamanan tersebut sudah banyak digunakan sebagai autentikasi pengguna saat mengakses sesuatu hal. Ini berguna agar kode akses diberikan hanya kepada si pengguna dan mengurangi kejahatan dunia maya (cyber crime).

OTP banyak dimanfaatkan oleh lembaga keuangan, pengguna aplikasi online, maupun perusahaan bisnis. Biasanya kode keamanan atau autentikasi ini dikirimkan melalui SMS, email, atau aplikasi khusus seperti WhatsApp Business API.  Kode OTP digunakan di berbagai kegiatan seperti transaksi digital, login ke akun pengguna, atau verifikasi identitas di suatu aplikasi dan website.

Fungsi Utama One Time Password (OTP)

Keamanan Akses Akun

Saat ini banyak kejahatan yang tidak hanya dilakukan di dunia nyata, tetapi juga dunia maya. Adanya kode OTP berfungsi untuk melindungi akses akun dan data pribadi. Penggunaan kode autentikasi yang hanya satu kali ini menyulitkan seseorang yang ingin melakukan tindak kejahatan, karena hanya pemilik kode yang sah yang bisa mengakses.

Oleh karen itu, menggunakan kode OTP penting dilakukan untuk meningkatkan keamanan akses akun.

Autentikasi Dua Faktor (2FA)

Autentikasi dua faktor (2FA) merupakan metode keamanan identitas dan akses yang membutuhkan dua bentuk identifikasi supaya bisa mengakses ke suatu akun. 2FA memberikan keamanan akses meningkat jika hanya menggunakan satu faktor atau satu bentuk identifikasi. Kode OTP banyak dimanfaatkan sebagai otentikasi dua faktor (2FA).

Selain kata sandi pengguna, kode keamanan ini dikirimkan ke perangkat pengguna sebagai salah satu syarat mengakses akun.

Melindungi Pencurian Identitas

Kejahatan dunia maya sudah sangat beragam, seperti pencurian identitas. Informasi pengenal pribadi seperti nama, nomor kartu kredit, atau bahkan kata sandi bisa saja terjadi. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah menggunakan kode OTP, karena bisa melindungi dari pencurian identitas.

Mungkin pelaku kejahatan bisa saja memiliki kata sandi, namun mereka tidak bisa mengakses lebih lanjut jika tidak memiliki kode OTP.

Gunakan Kode OTP WhatsApp Business API dari Maxchat

PT Maxchat Inovasi Indonesia sebagai penyedia layanan WhatsApp Business API resmi di Indonesia dapat membantu Anda dalam memanfaatkan penggunaan kode autentikasi. Banyak manfaat yang bisa dilakukan kode autentikasi ini untuk meningkatkan perlindungan pada aspek bisnis yang Anda jalankan. Pelanggan dari bisnis Anda perlu keamanan terjamin, transaksi bisnis lebih terjaga, dan mengurangi tingkat kejahatan dunia maya, sehingga membutuhkan keamanan yang tinggi.

Selain itu, keunggulan kode OTP yang dikirimkan dari WhatsApp API juga bisa Anda pertimbangkan sebagai langkah antisipasi keamanan akun pelanggan, seperti keamanan yang lebih tinggi, kecepatan dan jangkauan pelanggan, hingga pengalaman pengguna yang baik.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.