5 Cara Ini Bantu Bisnis Lokal Tembus Pasar Internasional

WhatsApp API Indonesia Sep 13, 2023

Pasar internasional memiliki skala besar yang mencakup lebih dari 7 milliar orang di seluruh dunia. Ini merupakan potensi yang sangat besar bagi pebisnis untuk menghasilkan keuntungan dari penjualan produk. Hal ini juga didukung dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat dan menjadikan jarak bukan lagi suatu halangan.

Meskipun demikian, tidak sedikit pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang masih ragu-ragu untuk mengirimkan produknya ke pasar internasional. Ada berbagai alasan seperti, kekurangan modal, merasa produknya kurang bersaing atau sulit mengikuti peraturan perdagangan pasar internasional/global, hingga keterbatasan bahasa.

Untuk itu, artikel ini akan membahas mengenai potensi bisnis lokal untuk menembus pasar internasional dan strategi yang dapat dilakukan.

Potensi Bisnis Lokal Menembus Pasar Internasional

Saat ini, banyak brand lokal yang sudah dapat dijumpai di luar negri, seperti pakaian, makanan, dan lain sebagainya. Hal tersebut menjadi bukti bahwa bisnis lokal dapat bersaing di pasar global.

Selain karena kualitasnya, produk atau layanan yang unik dari daerah atau budaya tertentu seringkali memiliki daya tarik global. Dari keunikan tersebut bisa menjadi nilai tambah yang signifikan di pasar global.

Strategi Bisnis Lokal Tembus Pasar Internasional

Jika produk anda ingin dinikmati oleh semua orang di dunia, anda dapat mengikuti strategi berikut untuk mencapainya. Simak sampai habis yaa…

Memahami Kebutuhan Pasar Global

Langkah pertama yang perlu anda ambil sebelum terjun ke pasar global adalah memahami pasar secara komprehensif. Hal ini mencakup seperti trend, preferensi konsumen, dan tantangan-tantangan yang bisa saja anda hadapi.

Selain itu juga mencari tahu competitor bisnis anda agar dapat mengembangankan strategi yang unik dan bersaing secara kompetitif.

Strategi Pemasaran yang Tepat

Strategi pemasaran menjadi elemen penting dalam menembus bisnis internasional. Anda dapat mengadaptasi strategi pemasaran yang sesuai dengan target pasar seperti budaya dan bahasa. Selain itu juga manfaatkan platfrom pemasaran yang paling populer di wilayah tersebut.

Strategi pemasaran yang tepat akan memberikan hasil yang baik pada perkembangan bisnis anda.

Pahami Regulasi Perdagangan Internasional

Menjalankan bisnis di skala internasional pasti perlu pemahaman mendalam mengenai peraturan dan hukum dari pasar yang anda target. Pahami terlebih dahulu semua regulasi yang berlaku, seperti perpajakan, perdagangan internasional, maupun perlindungan konsumen.

Memahami regulasi perdagangan internasional di awal akan lebih baik dari pada terkena masalah pada saat sudah menjalankan bisnis skala global.

Baca Juga: https://blog.maxchat.id/kebijakan-perdagangan-bisnis-pada-whatsapp-business/

Bangun Jaringan Mitra Lokal

Melakukan kerja sama dengan mitra lokal juga akan memudahkan anda dalam melakukan trategi pemasaran. Mitra lokal dapat membantu mengatasi hambatan yang bisa saja menjadi masalah di kemudian hari.

Mereka tahu dengan perizinan bisnis, logistik, dan budaya lokal. Jaringan mitra lokal pada pasar yang anda target juga dapat menjadi jembatan untuk membangun hubungan dengan pebisnis setempat.

Reputasi dan Kepercayaan

Anda dapat membangun reputasi di pasar lokal atau tempat anda terlebih dahulu agar konsumen luar negeri percaya dengan produk anda. Komentar maupun ulasan yang positif akan menjadi aset berharga untuk membangun kepercayaan di pasar internasional.

Itulah potensi dan strategi yang dapat anda jalankan untuk bisnis anda tembus ke pasar internasional. Perencanaan dan penerapan strategi bisnis dengan beradaptasi pada perubahan menjadi peluang yang positif untuk meraih kesuksesan di pasar internasional. Keberhasilan bisnis anda pada pasar internasional akan membuka gerbang dari pebisnis-pebisnis lokal lainnya yang akan membuat pertumbuhan bisnis menjadi berkelanjutan. Hal ini tentunya menguntungkan satu sama lain dari aspek bisnis.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.