5 Manfaat Customer Relationship Management (CRM) Bagi Perusahaan

WhatsApp Official Aug 31, 2023

Istilah Customer Relationship Management (CRM) tentunya sudah familiar di telinga para pengusaha dalam menjalankan suatu bisnis. Salah satu hal yang harus dipertahankan kualitasnya agar bisnis terus berjalan adalah menjaga hubungan baik kepada pelanggan. Pasalnya, pelanggan memiliki peranan penting untuk membeli dan menggunakan produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Menjaga hubungan yang kuat dengan pelanggan merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan perusahaan. Untuk itu, perlu adanya upaya menjaga kualitas hubungan antara perusahaan dan pelanggan dengan cara Customer Relationship Management.

Sebenernya, apa itu Customer Relationship Management dan manfaatnya bagi perusahaan?. Kenali lebih dalam mengenai manfaat CRM beserta implementasinya di artikel ini.

Pengertian CRM

Customer Relationship Management atau CRM adalah pendekatan bisnis yang berfokus pada pengelolaan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan. Lebih dari sekadar teknologi, CRM adalah tentang strategi bisnis untuk memahami, melayani, dan menjaga pelanggan dengan lebih baik lagi.

Melalui pengumpulan, analisis, dan pemanfaatan data, perusahaan dapat memberikan layanan yang lebih personal, membangun loyalitas pelanggan, dan menuju peningkatan kesuksesan bisnis.

Manfaat CRM bagi Perusahaan

1. Memahami Keinginan Pelanggan Secara Mendalam

Salah satu manfaat utama dari CRM adalah untuk meyediakan wawasan mendalam tentang pelanggan. Berdasarkan pengumpulan data dan analisis data dari berbagai interaksi dengan pelanggan, perusahaan dapat memahami kebutuhan, keinginan, preferensi, dan perilaku pelanggan dengan baik.

Hasil informasi tersebut dapat digunakan perusahaan untuk mengembangkan produk, teknik pemasaran, maupun pelayanan secara lebih personal dan relevan.

2. Membangun Loyalitas Pelanggan

Dengan lebih memahami kebutuhan dan keinginan dari pelanggan, manfaat lain dari CRM adalah dapat membangun loyalitas pelanggan. Upaya memberikan pelayanan secara personal dan relevan terhadap perilaku pelanggan merupakan strategi yang tepat agar pelanggan terus menggunakan produk yang ditawarkan perusahaan.

3. Meningkatkan Efisiensi Operasional

CRM membantu layanan otomatisasi dari berbagai proses bisnis yang sedang dijalankan oleh perusahaan. Berbagai proses bisnis tersebut diantaranya seperti manajemen kontak, penjualan, dan layanan pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi operasional yang signifikan.

4. Profit Perusahaan Meningkat

Layanan yang baik dan hubungan yang senantiasa dijaga dapat menguntungkan perusahaan dari sisi penjualan. Pelanggan akan menjadi loyal dan bertambah, serta secara terus menerus membeli produk perusahaan.

5. Peningkatan Retensi Pelanggan

Pasti setiap perusahaan tidak ingin pelanggan atau calon pelanggannya beralih ke competitor. Penggunaan CRM dapat mengidentifikasi tanda-tanda pelanggan yang mungkin saja cenderung beralih ke pesaing.

Melalui strategi yang tepat, seperti program penawaran khusus, perusahaan akan mampu mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan mejaganya. Oleh karena itu, peranan CRM akan terasa untuk menjaga pelanggan dalam genggaman perusahaan.

Tahapan Menerapkan CRM dalam Bisnis

Setelah mengenal manfaat CRM bagi perusahaan, selanjutnya akan membahas mengenai tahapan penerapan CRM.

Implementasi Customer Relationship Management (CRM) dalam perusahaan memerlukan perencanaan dan strageti yang matang. Berikut adalah tahapan-tahapan yang dapat dilakukan perusahaan untuk menerapkan CRM dengan sukses.

1. Identifikasi Tujuan dan Kebutuhan

Tahap awal yang bisa dilakukan adalah menentukan tujuan spesifik yang ingin dicapai dalam penerapan CRM. Apakah tujuan tersebut ingin meningkatkan retensi pelanggan, meningkatkan penjualan, atau mengoptimalkan layanan pelanggan?. Hal ini akan membantu untuk membuat keputusan dan tahapan selanjutnya.

2. Gunakan Platfrom yang Tepat

Pilih platfrom yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan perusahaan. Menggunakan platfrom dengan fitur yang dapat mendukung program tujuan perusahaan akan mendapat hasil yang baik, salah satunya Maxchat.id.

3. Identifikasi Pelanggan

Mulailah dengan mengidentifikasi pelanggan secara detail dan spesifik. Mengidentifikasi personal pelanggan secara spesifik akan membantu perusahaan untuk membuat campaign dengan mudah, tepat, dan hemat.

Pahami lebih dalam mengenai perilaku pelanggan, tren pembelian, dan preferensi untuk merancang strategi yang tepat.

4. Personalisasi Komunikasi

Lakukan personalisasi dalam menjalin hubungan pelanggan. Gunakan data yang telah diidentifikasi untuk menjalin komunikasi agar pesan yang ingin disampaikan relevan dengan keinginan maupun perilaku pelanggan.

Manfaatkan fitur otomatisasi CRM untuk mengoptimalkan proses bisnis, seperti otomatisasi penjualan, pegiriman email, atau pengelolaan kontak.

5. Retensi Pelanggan

Pelanggan yang sudah beberapa kali melakukan transaksi dengan perusahaan harus dijaga agar tidak pindah ke competitor. Upaya tersebut biasa dikenal dengan retensi pelanggan.

Retensi pelanggan adalah upaya untuk terus menjaga pelanggan agar tetap berinteraksi dan bertransaksi dengan perusahaan. Poin penting dalam retensi pelanggan adalah memberikan layanan purna jual yang memuaskan.

6. Pengembangan Layanan Pelanggan

Pelanggan yang merasa puas akan terus melakukan transaksi dengan perusahaan. Setelah melakukan retensi pelanggan, perusahaan dapat mengembangkan program layanan pelanggan.

Perusahaan dapat menggunakan strategy loyalty program seperti pemberian bonus, tambahan update gratis, atau diajak sebagai mitra kerja guna memasarkan produk dan layanan perusahaan.

Penerapan CRM merupakan suatu pendekatan berkelanjutan untuk membangun hubungan kuat dengan pelanggan. Perlu adanya perencanaan yang baik untuk membantu perusahaan tumbuh dan sukses dalam jangka panjang.

Untuk memudahkan layanan CRM bagi perusahaan dapat dilakukan dengan Maxchat.id. Maxchat.id memiliki layanan yang memudahkan untuk menerapkan CRM seperti, pesan chatbot, broadcast, fitur verified, dan multi agent. Segera implementasikan CRM dengan layanan Maxchat.id untuk keperluan bisnis yang lebih menyenangkan.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.