5 Alasan Whatsapp API Menarik untuk Mengembangkan Bisnismu, Yuk Simak!

WhatsApp Business API Oct 10, 2023

Era digital yang sedang kita alami saat ini menghadirkan perkembangan dunia bisnis menjadi cepat dan kompetitif. Persaingan bisnis tidak hanya di kalangan produk yang dijual, namun juga merambah ke strategi marketing.

Banyak para pebisnis atau pengusaha mulai memikirkan bagaimana strategi yang tepat agar bisnisnya dilirik pelanggan. Tentunya tidak sembarang strategi marketing dilakukan, tapi juga melihat karakteristik produk dan customers dalam menjalankan strategi marketing.

Salah satu strategi marketing yang banyak dilakukan adalah WhatsApp marketing. WhatsApp menjadi platfrom paling banyak digunakan masyarakat Indonesia, yang mencapai lebih dari 98 persen pengguna di tanah air. Selain itu, WhatsApp menjadi efektik dalam memasarkan produk karena dilengkapi dengan fitur teks, vidio, suara, gambar dan pengiriman file.

Baca juga: Cara Menawarkan Produk Lebih Efektif Lewat WhatsApp Marketing

Nah, tapi apa kamu tahu bahwa terdapat layanan pengembangan dari WhatsApp Marketing?. Yapp, terdapat WhatsApp API sebagai layanan pengembangan untuk membantu bisnis guna menerima dan menjawab pesan, serta menjalin hubungan dalam skala yang lebih besar, sehingga komunikasi bisnis menjadi lebih efisien.

Berikut Alasan Whatsapp API Menarik untuk Mengembangkan Bisnismu!

Selain kans yang lebih besar dalam jangkauan komunikasi, WhatsApp API juga memiliki alasan yang menarik lainnya untuk menjadikan bisnismu berkembang, diantaranya:

1.      Fitur yang Beragam

Salah satu yang membedakan WhatsApp Business dan WhatsApp API adalah adanya tambahan fitur yang semakin beragam. Fitur-fitur yang terdapat di WhatsApp API dirancang agar memudahkan pengguna dalam mengoperasikan layanan komunikasi dengan pelanggan, seperti centang hijau (verified badge), chatbot, WhatsApp Blast, dll.

Hal ini tentunya dapat meningkatkan komunikasi bisnis yang bisa memanjakan dari sisi customers. Sangat beragam, bukan?.

2.      Jangkauan Komunikasi yang Lebih Luas

Menggunakan WhatsApp sebagai strategi marketing merupakan suatu hal yang tepat, karena aplikasi WhatsApp memiliki pengguna aktif yang tersebar di seluruh dunia. Kuantitas pengguna WhatsApp yang sangat banyak akan menguntungkan bisnismu saat memasarkan produk atau menjalin hubungan dengan pelanggan.

Keuntungan yang kamu dapatkan saat menggunakan WhatsApp API akan mengantarkan bisnimu ke audiens global.

3.      Integrasi Platfrom Bisnis

Keuntungan menggunakan WhatsApp API juga bisa membantu kamu dalam mengelola berbagai platfrom sosial media. Keuntungan ini karena WhatsApp API dapat diintegrasikan dengan aplikasi bisnis lainnya, sehingga memudahkanmu saat melakukan interaksi kepada pelanggan.

Kamu jadi tidak perlu membuka sosial media satu per satu saat membalas pesan dari pelanggan.

4.      Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Apakah kamu tahu jika Centang Hijau WhatsApp atau Verified Badge adalah salah satu fitur yang ada di WhatsApp API?. Yapp, Centang Hijau WhatsApp (Verified Badge) merupakan fitur untuk meningkatkan kepercayaan public terhadap akun bisnis yang sedang kamu jalankan.

Dengan Verified Badge, akun bisnismu akan lebih dipercaya masyarakat dan tidak dianggap sebagai hacker atau penipu.

5.      Pesan Otomatis atau Chatbot

Jika kamu harus membalas setiap pesan masuk padahal memiliki kategori sama atau Frequently Asked Questions akan menyebelkan, bukan?. Secara terdapat fitur yang membantumu dalam mengatasi hal tersebut, yakni fitur Chatbot yang ada di WhatsApp API.

Fitur Chatbot memungkinkan kamu untuk mengirim pesan otomatis kepada pelanggan, seperti konfirmasi pesanan, pemberitahuan transaksi, konfirmasi pesanan pelanggan, dan termasuk menjawab pertanyaan umum pelanggan 24/7.

Itulah alasan menarik untuk perkembangan bisnismu. Setiap fitur yang terdapat di WhatsApp API bisa kamu manfaatkan secara maksimal dan membuat pelanggan menjadi lebih betah dan mendapat kepuasan layanan.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.