SMS Gateway dan Manfaatnya Bagi Layanan Pelanggan

Siapa di sini yang tidak kenal SMS? sebuah layanan pesan singkat yang berhasil dikirimkan pertama kali pada 3 Desember 1992 oleh seorang ahli software bernama Neil Papworth.

Short Message Service atau SMS adalah layanan pesan singkat sebagai bentuk komunikasi elektronik untuk mengirim pesan teks antara perangkat seluler atau telepon genggam. SMS menjadi salah satu alat komunikasi paling populer di dunia yang digunakan untuk berbagai tujuan, seperti komunikasi pribadi, pesan darurat, atau pesan sosial.

Nah, mungkin yang belum anda ketahui bahwa ternyata terdapat platfrom bernama SMS Gateway yang biasa dimanfaatkan oleh para pebisnis agar bisa terhubung dan berkomunikasi dengan para customer.

Untuk mengenal lebih jauh tentang apa itu SMS gateway dan manfaatnya, simak artikel ini sampai akhir ya.

Apa itu SMS Gateway?

SMS Gateway adalah layanan yang menjadi jembatan dalam melakukan komunikasi dari pengguna supaya dapat mengirim dan atau menerima pesan teks melalui aplikasi atau komputer. SMS Gateway biasanya digunakan untuk keperluan bisnis, seperti pesan broadcast, pesan layanan pelanggan, pesan pengingat dan lain sebagainya.

Menggunakan SMS Gateway pada bisnis anda dapat memberikan nilai tambah dan meningkatkan kualitas hubungan dengan pelanggan melalui SMS center perusahaan anda. Selain itu, penggunaan SMS Gateway juga dapat dimanfaatkan untuk media informasi dan mengirimkan motivasi kepada karyawan.

Manfaat SMS Gateway Bagi Layanan Pelanggan

Berikut adalah berbagai manfaat utama yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan SMS Gateway:

1. Terjalinnya Komunikasi Efisien

SMS Gateway memungkinkan untuk mengirim pesan teks dalam hitungan detik. Hal ini membuat komunikasi menjadi sangat efisien ketika anda mengirimkan pesan teks kepada pelanggan.

Dengan kecepatan pengiriman pesan, maka cepat juga pelanggan mendapatkan informasi dari anda, terutama dalam situasi darurat atau keperluan bisnis yang membutuhkan respon cepat.

2. Kampanye Pemasaran

Jika perusahaan anda ingin melakukan pemasaran produk atau layanan dalam rangka meningkatkan informasi kepada publik dan membutuhkan cara mudah, anda dapat memanfaatkan kegunaan SMS Gateway. SMS Gateway bermanfaat untuk melakukan kampanye pemasaran, seperti pemberitahuan khusus mengenai produk atau layanan kepada pelanggan, promosi layanan, dan lain sebagainya.

3. Media Informasi dan Tempat Keluhan

Setiap perusahaan atau lembaga pemerintah memerlukan tempat untuk berbagi informasi dan menerima keluhan maupun saran dari masyarakat. Hal ini untuk membantu daya tarik perusahaan dan mengisi kekurangan perusahaan melalui pemberian keluhan dan saran dari masyarakat.

SMS Gateway dapat menjangkau hal tersebut dengan menyebarkan informasi dan menerima reply dari masyarakat untuk memberikan masukan.

4. Kode Verifikasi

Kode verifikasi OTP adalah kode unik yang dirahasikan untuk menyatakan keaslian pengguna dan membuktikan hanya pengguna yang memiliki akses dari sebuah akun. Kode OTP biasanya dikirimkan melalui email atau SMS.

Dalam aplikasi dan layanan online, kode OTP dapat diberikan melalui SMS Gateway kepada pelanggan, sehingga data-data yang diakses relatif lebih aman.

5. Layanan Pemberitahuan

Bagi pengguna telepon seluler tentunya sudah tidak asing dengan layanan pemberitahuan dari operator seluler atau pihak perbankan. Pasalnya banyak dari operatir seluler atau perbankan yang memberikan informasi mengenai sisa pulsa, promo kuota, atau transaksi keuangan kepada pelanggan melalui pesan teks SMS.

Dalam menyebarkan informasi tersebut, anda dapat mengirim pesan teks menggunakan SMS Gateway sebagai layanan pemberitahuan.

Itulah pengertian dan manfaat SMS Gateway bagi layanan pelanggan. Dari berbagai manfaat yang bisa digunakan, SMS Gateway dapat menjadi pilihan utama bisnis anda saat ingin mengirimkan pesan teks kepada pelanggan.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.