Apa Itu WhatsApp API? Sebuah peluang cara untuk Bisnis lebih efektif

Nov 18, 2022


WhatsApp adalah salah satu alat komunikasi paling kuat yang tersedia saat ini.
Melalui WhatsApp, memungkinkan bisnis dapat tetap terhubung dengan pelanggan melalui percakapan dua arah dimanapun mereka berada. Dengan aplikasi WhatsApp Business, pemilik bisnis dapat dengan mudah memanfaatkan jangkauan WhatsApp & berkomunikasi dengan pelanggan. Tetapi jika Anda adalah bisnis menengah atau besar (MLB) yang ingin meningkatkan penjualan secara hemat biaya dan terukur dan meningkatkan dukungan pelanggan global, WhatsApp

Pengertian

API WhatsApp Bisnis adalah sebuah fitur resmi dari aplikasi WhatsApp yang didesain khusus untuk mempermudah komunikasi dengan pelanggan dalam bisnis. API sendiri merupakan singkatan dari Application Programming Interface, yaitu aplikasi yang memungkinkan developer mengintegrasikan aplikasi lain sekaligus.

Jadi, API WhatsApp Bisnis juga dapat mengintegrasikan antara fitur pada sistem yang telah ada dalam bisnis, seperti customer service dan CRM (Customer Relationship Management). Lain halnya dengan WhatsApp Business yang tidak memungkinkan modifikasi atau integrasi beberapa fitur canggih dalam waktu bersamaan.

Manfaat API WhatsApp

Dengan API WhatsApp, pemilik bisnis dapat berbicara dengan pelanggan di mana saja di dunia di saluran pilihan mereka untuk:

  • Membagikan informasi penting, misalnya alamat bisnis, deskripsi, situs web, alamat email
  • Kirim Notifikasi dan Penjadwalan pesan
  • Mempermudah Proses Pembayaran
  • Menawarkan dukungan pelanggan yang efisien melalui percakapan
  • Tingkatkan ekuitas merek dan nilai penarikan kembali
  • Satu Nomor WhatsApp untuk Beberapa Admin

Fitur API WhatsApp Bisnis

Ada berbagai fitur canggih yang bisa didapat saat sebuah bisnis menggunakan API WhatsApp Bisnis, yaitu:

  • WhatsApp Multi-User

Fitur ini memungkinkan satu nomor API WhatsApp Bisnis bisa diakses oleh beberapa admin sekaligus melalui banyak perangkat, sehingga respon untuk pelanggan jadi lebih cepat.

  • Integrasi Chatbot

Bisa diintegrasikan dengan chatbot sehingga bisa digunakan untuk mengirimkan pesan otomatis kepada banyak pelanggan sekaligus.

  • Otomatisasi WhatsApp

Fitur otomatisasi berperan dalam mengunduh dan menyimpan seluruh interaksi bisnis dan pelanggan yang disatukan dalam sistem database untuk diakses oleh tim support ketika melayani customer.

  • Rotator

Fitur rotator berfungsi melakukan alokasi agen perusahaan.

  • Integrasi dengan CRM

Fitur ini merupakan add on yang bisa diintegrasikan dengan CRM untuk membantu bisnis berinteraksi dan membangun hubungan dengan konsumen. Cara kerjanya adalah dengan mengelola semua informasi mengenai pelanggan yang berguna untuk mendorong dan meningkatkan bisnis.

  • Laporan Analitik

Fitur laporan analitik berfungsi untuk menggabungkan seluruh interaksi pelanggan dalam sebuah dashboard. Laporan ini menampilkan tren penjualan, pencapaian kerja tim, dan data konsumen yang dipakai oleh tim CS agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.

  • Centang Hijau (Green Tick)

Keberadaan centang hijau (✅) pada akun WhatsApp menandakan bahwa akun tersebut memiliki bisnis atau sudah terverifikasi. Tanda ini mampu meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen terhadap bisnis tersebut.

  • WhatsApp Broadcast Message

Fitur ini bertugas untuk mengirimkan pesan ke pelanggan dengan jumlah tak terbatas dalam satu waktu. Sebagai efeknya, tenaga dan waktu tim customer service jadi lebih efisien karena bisa melayani banyak pelanggan secara bersamaan.

Perbedaan API WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Business

Keduanya memiliki banyak perbedaan, seperti:

1. WhatsApp Business

  • Menyimpan nama dan nomor pelanggan dilakukan secara manual.
  • Tidak bisa mengirim pesan blast.
  • Tidak dapat diintegrasikan dengan CRM dan Chatbot.
  • Tidak memiliki centang hijau.
  • Saat perangkat utama offline, maka koneksi akan ikut terputus.
  • Hanya dapat digunakan oleh satu nomor dengan satu smartphone dan satu laptop.
  • Sinkronisasi dan menyimpan riwayat percakapan dilakukan secara manual.

2. API WhatsApp Bisnis

  • Otomatis menyimpan nama dan nomor pelanggan.
  • Bisa mengirimkan pesan blast.
  • Dapat diintegrasikan dengan perangkat lainnya.
  • Terdapat centang hijau.
  • Selama nomor yang digunakan masih aktif, maka akun WhatsApp juga akan aktif.
  • Bisa dipakai oleh banyak admin dalam jumlah yang tak terbatas.
  • Secara otomatis menyimpan dan menyinkronkan riwayat percakapan.

Dapatkan API WhatsApp bersama Maxchat untuk meningkatkan pengalaman komunikasi bisnis Anda bersama pelanggan. Ingin segera mencoba? hubungi tim kami melalui link berikut.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.