Belanja sembari chatting? Whatsapp Flow Patut Menjadi Pilihan

Jun 6, 2024

Dalam era digital saat ini, tidak bisa dipungkiri jika proses bisnis terutama proses penjualan yang njelimet sudah tidak lagi relevan. Konsumen tentu lebih memperhitungkan pelayanan yang fast respone, praktis dan efisien. Para pelaku usaha yang ingin bisnis mereka berkembang tidak boleh berhenti untuk mengembangkan layanan mereka demi menjaga keberlangsungan usaha yang mereka jalankan. Menyadari kebutuhan tersebut, Meta yang pada pertengahan tahun 2023 telah memiliki user WhatsApp Business mencapai 200 juta pengguna aktif bulanan, terdorong untuk terus mengembangkan fitur-fitur barunya. Hingga akhirnya pada September 2023 lalu, mereka merilis fitur  baru pada aplikasi Whatsapp. Fitur tersebut adalah Whatsapp Flow. Apa itu WhatsApp Flow dan apa saja kegunaanya? Simak artikel berikut hingga selesai ya! 😉

Apa sih sebenarnya WhatsApp Flow itu?

Secara sederhana WhatsApp Flow adalah fitur yang memungkinkan pengguna Whatsapp melakukan transaksi atau berbelanja tanpa harus meninggalkan obrolan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh berbagai barang seperti tiket suatu event, antrian berobat, pembelian makanan, tagihan biaya dan lain sebagainya langsung dalam percakapan WhatsApp. Dengan manfaat seperti di atas tentunya banyak pelaku usaha yang akan merasa hal tersebut relevan dengan kebutuhan bisnis mereka. Karena fitur ini sangat fleksibel untuk diterapkan pada berbagai jenis usaha. Sehingga pada akhirnya tanpa perlu berganti-ganti aplikasi lagi proses bisnis seperti registrasi, pembelian, hingga layanan after sales bisa dilakukan hanya melalui satu aplikasi saja. Secara lebih terperinci berikut adalah manfaat yang bisa pengguna dapatkan apabila menggunakan fitur Whatsapp Flow:

1. Meningkatkan Customer Experience

Telah banyak penelitian yang mengatakan bahwa Customer experience sendiri menjadi aspek penting dalam sebuah bisnis. Salah satu riset tersebut adalah riset dari Forbes, hasil riset menunjukkan bahwa 48% pelanggan lebih mementingkan customer experience daripada harga produk.

2. Mendapatkan Feedback Pelanggan dengan Cepat

Saran yang membangun dari pelanggan adalah hal yang wajib didengar oleh penjual. Dengan adanya masukan dan kritik dari pelanggan, perusahaan dapat senantiasa melakukan perbaikan dan mengerti bagaimana kebutuhan pasar terhadap produk atau layanan mereka. Dengan menggunakan fitur Whatsapp Flow pelanggan dapat memberikan umpan balik langsung melalui WhatsApp, sehingga pelanggan akan merasa jika masukan mereka sangat berarti.

3. Meningkatkan Konversi Penjualan Produk

Dengan WhatsApp Flow, pelanggan dapat melakukan transaksi secara langsung setelah menerima pesan promosi, dengan kemudahan ini tentunya peluang meningkatnya konversi penjualan semakin tinggi.

Bagaimana? Apakah sudah tertarik menggunakan fitur Whatsapp Flow? Eits, akan tetapi  pengguna Whatsapp tidak bisa serta merta dapat menggunakan fitur ini loh. Ada beberapa hal yang harus dipenuhi untuk dapat menikmati fitur tersebut. Di antaranya sebagai berikut:

  1. Daftar WhatsApp Business API melalui Maxchat

Pengguna whatsapp dapat menghubungi partner WhatsApp Business API yang salah satunya adalah Maxchat untuk memulai proses pendaftaran. Pengguna akan diarahkan untuk mempersiapkan beberapa data pendukung untuk aktivasi WA Business API. Dokumen yang perlu Anda persiapkan meliputi dokumen legalitas, email dengan domain nama bisnis Anda, nomor yang akan didaftarkan, hingga akun Facebook Business.

2. Mulai Buat Template Flow

Setelah proses pendaftaran akun WhatsApp API selesai, Anda akan mendapatkan akses untuk membuat flow atau alur kerja sesuai kebutuhan Anda. Anda bisa menyebutkan tujuan atau nama flow yang anda inginkan. Berdasarkan hal tersebut nantinya akan dibuat pengkategorian flow, apakah untuk lead generation atau mungkin appointment booking. Meskipun dalam fitur Template Flow ini sendiri ada banyak kolom yang harus Anda isi, namun tim Maxchat akan mendampingi dan memberikan arahan hingga prosesnya selesai.

3. Testing dan Gunakan Flow Anda

Setelah dua proses di atas selesai, lakukan testing atau uji coba apakah flow yang ada sudah sesuai dengan kebutuhan. Jika dirasa sudah sesuai dengan kebutuhan maka flow yang Anda buat sudah bisa digunakan.

Untitled

WhatsApp Flow merupakan fitur gebrakan Whatsapp yang mulai menjajaki dunia e-commerce. Fitur ini sangat berguna bagi bisnis yang ingin meningkatkan efisiensi dan kualitas komunikasi dengan pelanggannya. Dengan Whatsapp Flow memungkinkan pelanggan dapat berbelanja dan membeli barang tanpa harus berpindah dari aplikasi Chatting mereka.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.