Melihat Arah Bisnis di Tahun 2024, Rencanakan Mulai Sekarang!

Tahun 2024 sudah hitungan beberapa bulan lagi. Waktu seperti sekarang ini yang sering dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk menyiapkan usahanya. Sebelum memasuki awal tahun memang menjadi waktu yang tepat untuk mempersiapkan bisnis, seperti produk atau layanan yang ditawarkan, strategi pemasaran yang digunakan, hingga tujuan yang akan dicapai.

Pebisnis harus jeli terhadap kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di tahun berikutnya. Hal ini berguna sebagai bahan analisa perusahaan untuk menatap dan menjawab tantangan di masa depan. Dengan mempersiapkan sedini mungkin, tantangan yang bisa saja menjadi hambatan akan lebih mudah dihadapi. Oleh karena itu, kami mengajak anda semua untuk melihat arah bisnis tahun 2024 agar persiapan bisnis lebih matang.

Melihat Peluang Bisnis yang Menjanjikan di 2024

Bagi sebagian orang yang ingin memulai usaha harus perlu mengetahui layanan apa atau produk seperti apa yang akan dijual kepada masyarakat. Penting untuk diketahui sejak awal agar apa yang ingin ditawarkan akan tepat sasaran dan menjawab kebutuhan masyarakat.

Hal ini juga perlu diperhatikan oleh para pebisnis yang memang sudah memiliki usaha. Pebisnis perlu untuk mengevaluasi hasil kinerja bisnis selama ini dan terus melihat masa depan agar dapat melakukan persiapan. Arah bisnis dan ekonomi setiap tahunnya berbeda-beda, sehingga harus peka terhadap perubahan.

Jika dilihat dari kebutuhan masyarakat saat ini, pola perekonomian dunia akan terus memanfaatkan penggunaan teknologi digital. Sejak adanya Pandemi COVID-19, memang sebagian besar masyarakat masih banyak menggunakan teknologi untuk kegiatan sehari-hari, termasuk kegiatan bisnis.

Ini akan menjadi tantangan dan peluang bagi para pebisnis agar dapat beradaptasi dan menggunakan teknologi saat menjalankan usahanya. Selain itu, trend makanan sehat, outfit keren yang selalu digemari, dan tempat wisata sebagai ajang liburan setiap minggunya juga akan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan di tahun 2024.

Oleh karena itu, dengan melihat peluang dan arah bisnis merupakan suatu hal yang sangat penting bagi para perintis usaha atau yang sedang mengembangkan usahanya. Beberapa peluang usaha lain, baik sektor jasa maupun barang, seperti bisnis catering, penyedia layanan digital marketing, vendor event organizer, hingga penyedia jasa desain dan fotografi.

Peran Teknologi Digital Pada Bisnis 2024

Tidak bisa dipungkiri bahwa peran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) akan terus digunakan pada era digital saat ini. Teknologi tidak bisa dihindari dalam kemajuan perekonomian di seluruh dunia yang memberikan tingkat keefektifan dan penjualan. Bahkan arah bisnis atau ekonomi akan berubah seiring dengan kemajuan teknologi, perubahan sosial, dan berbagai peristiwa di dunia.

Peran teknologi dapat dilihat pada jangkauan pasar yang tidak hanya terjadi di area lokal atau regional, namun sudah mencapai tingkat internasional. Banyak pelaku bisnis yang memiliki cutomers atau pelanggan pada skala internasional. Ini menjadi bukti bahwa teknologi sangat berperan pada kemajuan ekonomi.

Teknologi juga mengantarkan pada outomatisasi proses bisnis yang memudahkan pelanggan dalam membeli barang. Ini akan mengurangi waktu, tenaga, dan biaya operasional, sehingga meningkatkan efisiensi dan tingkat penjualan.

Adanya E-commerce juga membantu perdagangan dilakukan secara elektronik yang memungkinkan bisnis untuk menjual produk dan layanan secara online, mencapai pasar yang lebih luas, dan kepuasan pelanggan akan lebih terjamin. Selain itu, peran teknologi dalam bisnis kedepan akan dimanfaatkan pada sektor analitik data, kemanan dan perlindungan data, inovasi produk dan layanan, menjaga hubungan dengan pelanggan, mobilitas bisnis, dll.

Tentunya peran-peran tersebut diharapkan akan terus dimanfaatkan dan berdampak pada perekonomian masyarakat yang terus berputar.

PT Maxchat Inovasi Indonesia menawarkan produk yang dimilikinya kepada pebisnis atau lembaga pemerintahan yang ingin meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Dengan WhatsApp API dan Maxchat Omnichannel, pelanggan akan merasa lebih terbantu mengenai informasi yang ingin diperoleh secara efisiensi. Ini akan membantu menjaga hubungan dengan pelanggan dan retensi pelanggan.

Business Plan

Business plan adalah dokumen perencanaan yang mengatur jalannya suatu bisnis atau usaha. Perencanaan ini akan mengelola secara keseluruhan dari berjalannya bisnis untuk beberapa waktu kedepan.

Business plan biasanya meliputi strategi pemasaran dan penjualan secara rinci, pemasukan dan pengeluaran bisnis yang dijalankan, keadaan finansial perusahaan, dan informasi lainnya. Saat membuat business plan diperlukan pemikiran dan keputusan yang tepat, karena akan menjadi acuan bagi pebisnis dalam mencapai target jangka panjang.

Komponen-komponen pada business plan diantaranya, seperti

  1. Penjelasan mengenai perusahaan (meliputi sejarah berdirinya perusahaan, visi misi perusahaan, capaian perusahaan, mitra perusahaan)
  2. Produk atau layanan yang ditawarkan (Karakteristik produk atau layanan)
  3. Analisis Target Perusahaan
  4. Strategi pemasaran yang digunakan
  5. Anggaran yang dikeluarkan untuk kelancaran business plan.

Dalam dunia bisnis yang terus menerus mengalami perubahan, memiliki kemampuan memprediksi arah bisnis adalah kunci sukses jangka panjang. Dengan melihat arah bisnis masa depan akan memiliki banyak keuntungan yang akan mengantarkan pada perencanaan yang tepat dan kelancaran bisnis yang dijalankan. Untuk itu, para pelaku bisnis harus terus melihat lingkungan bisnis, menyiapkan program pengembangan bisnis, dan berkomitmen untuk menyesuaikan dengan perubahan.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.