Bikin Chatbot dengan mudah, Begini caranya!

Aug 4, 2022

Tips Mudah Membuat Chatbot WhatsApp untuk kebutuhan industri!

Sudahkah Anda sering mendengar istilah chatbot? Chatbot dapat membalas pesan secara otomatis selayaknya manusia dalam bentuk robot virtual. Teknologi canggih ini juga dapat Anda temukan dalam WhatsApp chatbot.

Dalam penerapannya, chatbot WhatsApp banyak membantu dan dapat menguntungkan pengguna di berbagai industri. Namun, bagaimana cara membuat chatbot WhatsApp?

Untuk cara lebih lanjut, yuk simak pembahasan tentang cara membuat WhatsApp chatbot berikut ini!

Apa itu WhatsApp Chatbot?

WhatsApp Chatbot adalah teknologi buatan berbasis AI (Artificial Intelligence) yang dihubungkan dengan WhatsApp. Teknologi ini mampu  melakukan percakapan natural seolah-olah seperti manusia pada umumnya.Dengan Chatbot WhatsApp, bisnis mampu mengelola percakapan dan keluhan pelanggan secara otomatis. Selain itu, Chatbot dapat menjadi sarana dalam memberikan customer support dan merespon pertanyaan pelanggan dengan cepat.

Cara Membuat WhatsApp Chatbot?

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat :

1. Daftar WhatsApp Business API

Untuk menggunakan Chat bot Whatsapp, Anda harus terdaftar pada API WhatsApp, yaitu dengan mendaftar sebagai partner resmi WhatsApp bersama Maxchat.id

WhatsApp merekomendasikan untuk berkolaborasi dengan Business Solution Partner. Mereka merupakan perwakilan resmi yang diizinkan untuk mengajukan permohonan akses ke WhatsApp API.

Anda dapat dengan mudah berkolaborasi dengan BSP bersama MaxChat

2. Masuk ke Chat Panel Maxchat.id

Chatbot maxchat bisa anda akses pada Menu penjawab untuk membalas pesan langsung. User dapat membalas dan menjawab chat user secara otomatis, tanpa harus melakukan membalas satu-persatu. Chatbot bisa diikuti dengan pesan gambar. Berikut contoh untuk membuat chatbot.

1.        Klik button baru

2.        Kemudian, setting waktu penjawab. Bisa digunakan setiap hari dan dalam waktu 24 jam. Selain itu, chatbot bisa disetting sesuai dengan keinginan user. Contohnya, chatbot hanya aktif di hari senin pada pukul 10.00-12.00

3.        Chatbot bisa di setting akurat, regex, dan menu jalur

a.    Akurat

Chatbot akurat berisi tentang pesan dari kata akurat yang telah ditambahkan. Contohnya, kata akurat yang di masukkan “halo”, kemudian ada pesan “halo”, maka chatbot akan membalas sesuai dengan jawaban yang sudah dimasukkan.

b.    Regex

Chatbot regex berisi tentang pesan balasan dari kata regex yang telah ditambahkan. Contohnya, kata regex yang dimasukkan “lihat list”, kemudian ada pesan “lihat listproduk” atau “lihat list produknya”, maka chatbot akan membalas sesuai denganjawaban yang sudah dimasukkan.

c.    Menu jalur

Chabot menu jalur berisi tentang pesan menu jalur yang mengarahkan pada chat menu. Untuk menggunakan menu ini, aktifkan webhook terlebih dahulu pada menu API. Berikut contohmembuat menu jalur.

- Pesan 0 (Semua keyword yang dichatkan masuk. Pesan 0 biasanya berisi welcome messages)

“Selamat datang di Maxchat, berikut list produk kami

1.    Maxchat API

2.    Multychat

3.    Ingin Berlangganan?”

-  Pesan 0-1 (Berisi jawaban ketika memilih nomor 1)

“Maxchat API adalah layanan WhatsApp API only”

-   Pesan 0-2 (Berisi jawaban ketika memilih nomor 2)

“Multychat memiliki menu broadcast, customer service, dan chatbot)”

-   Pada nomor 3 pesan akan dialihkan ke pic yang melayani, user dapat mengaktifkan menu jalur berhenti dan mengaktifkanpesan notifikasi yang terhubung dengan nomor pic, untuk melayani customer yang memilih menu tersebut.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.