Bikin Whatsapp Bisa diakses Lebih di Berbagai Perangkat dengan WhatsApp Multi Device Terbaru

Oct 4, 2022

WhatsApp  dengan secara resmi meluncurkan fitur multi device terbaru. Fitur ini sangat dinantikan pengguna WhatsApp untuk bisa mengakses satu akun pada empat perangkat sekaligus. Sementara versi sebelumnya hanya membatasi penggunaan fitur WhatsApp multi device hanya untuk dua perangkat berbeda saja.

Hebatnya, dengan fitur multi device terbaru ini, Anda tetap bisa mengakses akun WhatsApp meski perangkat utama dalam keadaan offline atau mati. Kemampuan tersebut memungkinkan Anda tetap bisa mengirimkan pesan penting ke orang lain, saat handphone Anda kehabisan baterai. Padahal sebelumnya, ponsel harus tetap online dan aktif terus menerus apabila ingin mengakses WhatsApp dari perangkat lain.

Apa itu WhatsApp Multi Device?

sudah kerap terdengar bahwa whatsapp akan mengembangkan suatu fitur baru yang memudahkan para penggunanya untuk mengakses 1 akun Whatsapp tanpa saling terhubung. Bahkan beberapa waktu yang lalu telah banyak WhatsApp multi device versi beta yang beredar di kalangan penggunanya.

Artinya pihak pengembang aplikasi perpesanan ini sudah mengujicobakan WhatsApp multi device agar dapat digunakan oleh banyak penggunanya. Hasilnya kemudian akan dianalisis apakah ada kelebihan dan kekurangannya.

Jika ditemukan bug, tentu akan mengurangi tingkat kinerja WhatsApp yang selama ini dianggap baik. Oleh karenanya, sebelum dirilis versi baru ini, akan ada versi beta yang dimanfaatkan sebagai uji coba untuk meningkatkan performa jika seseorang mengakses satu akun menggunakan beberapa perangkat beda, namun tidak saling berhubungan.

Lalu kini developer aplikasi perpesanan baru tersebut telah merilis versi terbarunya yaitu WhatsApp multi device yang memungkinkan para penggunanya untuk tetap berhubung dengan akunnya. Namun, memanfaatkan 4 perangkat yang berbeda. Bedanya adalah perangkat utama dimana Akun tersebut berada tidak perlu lagi terhubung.

Karena pada saat ini, agar dapat memanfaatkan akun Whatsapp pada perangkat yang lain maka telepon genggam di mana akun Whatsapp itu terpasang harus selalu terkoneksi dengan perangkat lain yang akan digunakan. Jika koneksi terputus, otomatis perangkat tersebut tidak dapat mengoperasikan WhatsApp.

Namun, kesulitan tersebut kini diatasi dengan fiturnya yang baru yaitu WhatsApp multi device yang artinya pengguna dapat mengakses akunnya melalui empat perangkat yang berbeda. Dengan kemudahan yang baru yaitu telepon genggam yang memiliki akun utamanya tidak harus terkoneksi dengan keempatnya.

Hal ini tentu akan memudahkan bagi pengguna aktif WhatsApp karena dapat langsung bekerja pada perangkat tersebut. Antara lain memanfaatkan WhatsApp web yang akan digunakan menggunakan laptop, PC dan lain sebagainya.

Namun, kemudahan WhatsApp multi device ini tidak berlaku tanpa batas waktu. Karena pihak pengembang memberikan waktu selama 14 hari agar dapat melakukan memanfaatkannya. Sebab jika pengguna tidak mengakses WhatsApp yang ada di perangkat utama maka fitur pada multi device akan langsung terputus.

Bagaimana Cara Menggunakan WhatsApp Multi Device?

Khusus untuk penggunaan fitur multi device pada WhatsApp biasa atau Messenger hanya bisa diakses dari empat perangkat sekaligus. Ada dua langkah berbeda adalah seperti berikut:

1. Cara Memakai fitur  WhatsApp Multi Device pada perangkat Android

Berikut cara memakai fitur multi-device WhatsApp pada perangkat Android adalah

  1. Buka aplikasi WhatsApp Web/Dekstop pada laptop, PC atau Anda perangkat lainnya dengan memasukkan url web.whatsapp.com pada dekstop Anda.
  2. Buka aplikasi WhatsApp pada HP android Anda. Pastikan WhatsApp Anda sudah ter-update versi terbaru.
  3. Klik icon tiga titik, lalu pilih Linked devices
  4. Tekan Link a Device untuk menghubungkan akun WhatsApp Anda ke WhatsApp Web.
  5. Selanjutnya, aplikasi akan meminta Anda untuk membuka HP. Apabila HP Anda menggunakan menggunakan kunci baik melalui pindai sidik jari atau dengan masukan PIN untuk membuka perangkat Anda.
  6. Scan QR Code dengan cara mengarahkan kamera HP Anda ke layar untuk mengakses WhatsApp.
  7. Layar akan menampilkan inbox berisi riwayat percakapan Anda yang akan terupdate secara otomatis.

2. Cara Pakai Fitur Multi Device WhatsApp pada perangkat iOS

Hampir sama dengan perangkat android, pengggunaan fitur multi device memiliki sedikit perbedaan. Berikut cara memakai fitur multi device WhatsApp pada perangkat iOS:

  1. Buka aplikasi WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop di PC, laptop, atau perangkat lainnya
  2. Kemudian, buka WhatsApp di iPhone, dan pastikan aplikasi sudah ter-update ke versi terbaru
  3. Buka Settings, lalu pilih Linked Devices
  4. Tekan Link a Device
  5. Buka kunci iPhone kamu dengan Touch ID, Face ID, atau masukan PIN
  6. Arahkan kamera iPhone Anda ke layar perangkat lain untuk memindai QR code

Apa Keuntungan Menggunakan WhatsApp Multi Device?

– Keuntungan Menggunakan Fitur Multi Device pada Aplikasi WhatsApp Messenger

Kuntungan fitur multi device pada WhatsApp biasa sebenarnya telah disebutkan pada ulasan sebelumnya. Namun untuk memperjelasnya berikut keuntungan yang akan Anda dapatkan

1. Bisa digunakan pada 4 perangkat sekaligus

Sesuai dengan namanya fitur ini memumungkinkan Anda untuk mengakses WhatsApp melalui 1 HP dan 4 perangkat lainnya (web, desktop dan perangkat lainnya). Berbeda dengan versi sebelumnya yang hanya mengizinkan WhatsApp diakses dari 2 perangkat berbeda yakni HP dan desktop atau web.

2. Perangkat utama tidak perlu terhubung ke Internet

Kelebihan lainnya fitur multi device adalah perangkat utama yakni HP Anda tidak perlu terhubung dengan internet. Sehingga apabila HP Anda mati, WhatsApp web tetap bisa digunakan untuk mengirimkan pesan. Berbeda versi sebelumnya yang mengharuskan Anda untuk mengaktifkan HP dengan koneksi internet.

3. Menyinkronkan riwayat obrolan

Saat Anda menautkan perangkat seluler kedua, WhatsApp akan otomatis menyinkronkan riwayat obrolan. Proses ini juga dilakukan dengan perlindungan enkripsi end-to-end.

4. Menghubungkan iPhone dan ponsel Android

Saat ini, WhatsApp membatasi fungsionalitas dengan tidak mengizinkan iPhone menghubungkan dan ponsel Android. Namun, fitur multi device ini akan segera menambahkan dukungan untuk itu. Meski masih dalam proses pengembangan.

Sebagai pelaku bisnis yang memiliki banyak pelanggan, keuntungan fitur multi device pada WhatsApp biasa tidaklah cukup. Terlebih WhatsApp versi beta ini sering terjadi bug. Selain itu, belum ada pengumuman resmi kapan fitur ini diluncurkan sebab masih dalam tahap pengembangan.

Keuntungan Menggunakan Fitur Multi Device dari WhatsApp API

WhatsApp multiple device dari WhatsApp API memungkinkan Anda untuk  menambahkan agen secara bersamaan. whatsapp bisnis api juga memiliki banyak keunggulan fitur seperti Chatbot, centang hijau, integrasi dengan aplikasi dan masih banyak lainnya.

Berikut beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan menggunakan WhatsApp multiple device yaitu:

1. Satu nomor WhatsApp untuk semua

Pemilik bisnis cukup memiliki satu nomor WhatsApp untuk berbagai kebutuhan, mulai dari ticketing customer service, pengingat dan konfirmasi pembayaran, OTP, melacak pembelian dan pengiriman barang, serta notifikasi lainnya.

2. Memudahkan monitoring pesan yang masuk

Dengan hanya menggunakan satu nomor WhatsApp, bisnis lebih mudah untuk memantau pesan yang masuk. Sebab, semua pesan yang masuk akan tersimpan otomatis. Jadi Anda tidak perlu melakukan backup data atau menyinkronkan riwayat percakapan antar perangkat satu dengan lainnya.

3. Laporan dan analisa menyeluruh

WhatsApp Business multiple device dilengkapi dengan laporan analisis dari seluruh aktivitas yang terjadi. Seperti total percakapan, rata-rata waktu respon agen, dan sebagainya.

4. Sistem routing agen tingkat lanjut

Pengguna dapat menyesuaikan routing agen dan percakapan untuk memenuhi kebutuhan manajemen bisnis, baik secara otomatis maupun dikustomisasi sesuai kebutuhan. Dengan WhatsApp multi device, pelanggan dapat diarahkan langsung ke bagian yang tepat untuk ditangani.

5. Kemudahan integrasi dengan saluran lainnya

WhatsApp multi device dapat dihubungkan dengan aplikasi populer lainnya, seperti Telegram, Line, atau Facebook Messenger.

6. Tanda centang hijau resmi

Membangun kredibilitas bisnis yang lebih baik dengan adanya tanda centang hijau resmi dari whatsapp.

7. Mengirimkan pesan massal tanpa ribet

Bantu tim untuk menjangkau pelanggan lebih mudah menggunakan fitur blast whatsapp. Fitur ini memudahkan Anda mengirimkan pesan siaran ke banyak kontak pelanggan sekaligus.

WhatsApp multi device membantu bisnis memberikan layanan pelanggan lebih cepat. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengakses satu akun WhatsAp di empat perangkat sekaligus.

Pada aplikasi WhatsApp messenger, fitur WhatsApp multiple device memungkinkan Anda untuk mengakses satu akun WhatsApp pada empat perangkat bersamaan. Namun berbeda dengan fitur multi device pada WhatsApp Business API, yang memungkinkan Anda untuk menambahkan agen atau device tak terbatas.



Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.