Cara Ampuh Mengatasi Pemblokiran WhatsApp Akibat Spam 2023

Nikmati Kembali Komunikasi Bebas Hambatan

Saat ini aplikasi WhatsApp menjadi salah satu alat komunikasi paling populer di dunia. Pengguna WhatsApp dapat melakukan komunikasi dengan mudah, baik saat berbagi informasi, gambar maupun video kepada teman, keluarga, rekan kerja atau yang lainnya. Namun, dalam upaya menjaga integritas dan pelayanan penggunanya, pihak WhatsApp memantau aktivitas yang terjadi di platformnya secara ketat.

Nah, salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna adalah terkena pemblokiran WhatsApp karena dianggap spam. Untuk itu, artikel ini akan membahas mengenai berbagai penyebab pemblokiran Whatsapp dan cara ampuh mengatasinya.

Penyebab/Alasan Umum Akun WhatsApp Diblokir

Pemblokiran akun WhatsApp bisa terjadi karena beberapa alasan yang dianggap menyalahi aturan. Penyebab umum yang sering terjadi diantaranya:

1. Menggunakan Aplikasi Tidak Resmi

Selain WhatsApp resmi yang diluncurkan oleh perusahaan Meta, saat ini juga ada aplikasi modifikasi lain yang mempunyai tampilan menyerupai aplikasi resmi dengan beberapa fitur tambahan.

GB WhatsApp atu WA GB merupakan modifikasi lain dari WhatsApp resmi yang dibuat oleh developer (pengembang) sebagai pihak ketiga (@bloobergtechnoz). Hal ini jelas dilarang oleh pihak WhatsApp resmi dan penggunaannya dibatasi dengan cara diblokir.

2. Aktivitas Mencurigakan

Penyebab lain kenapa WhatsApp anda diblokir adalah nomor tersebut digunakan untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang mencurigakan. Hal tersebut tentunya melanggar pedoman penggunaan untuk aplikasi WhatsApp.

Diantara aktivitas yang dilarang dan melanggar hukum, seperti, mengirimkan pesan massal tanpa izin atau ikut berpartisipasi dalam skema penipuan, ujaran kebencian, kekerasan, penjualan produk illegal, dan pesan ancaman biasanya akan diblokir.

3. Dilaporkan oleh pengguna lain

Pemblokiran WhatsApp juga bisa terjadi karena dilaporkan oleh pengguna lain. Alasan dilaporkan oleh pengguna lain bisa beragam, seperti tindakan spamming yang anda lakukan sehingga membuat pengguna WhatsApp lain merasa terganggu, penyebaran informasi hoaks, atau anda melakukan tindakan ancaman. Dengan demikian, bisa saja pihak WhatsApp langsung mengambil sikap tegas berupa pemblokiran.

4. Pemblokiran Akibat Broadcast dan Dianggap Spam

Penyebab pemblokiran yang sering terjadi pada akun WhatsApp adalah penggunaan yang berlebihan dalam fitur broadcast yang dianggap sebagai spam. Fitur broadcast sendiri merupakan aktivitas yang memungkinkan anda mengirim pesan ke banyak kontak atau nomor sekaligus (@eraspace).

Namun, jika anda mengirim pesan yang sama ke banyak kontak yang tidak relevan atau tanpa izin, hal tersebut bisa saja dianggap sebagai spam oleh pihak WhatsApp. Aktivitas broadcast yang berlebihan dan tanpa izin dapat mengganggu pengalaman pengguna lain dan merusak reputasi anda atau bahkan nomor anda diblokir.

Cara Mengatasi Pemblokiran WhatsApp Akibat Spam

1. Cek Pemberitahuan

Pihak WhatsApp biasanya akan memberikan pemberitahuan alasan kenapa akun WhatsApp anda diblokir. Anda dapat memeriksa pemberitahuan tersebut untuk mengetahui dan supaya tidak terjadi kedepannya

2. Baca Pedoman Penggunaan

Tinjau kembali pedoman penggunaan WhatsApp dan pastikan kedepannya tidak melakukan pelanggaran berulang. Jika anda merasa tidak melakukan kesalahan atau pelanggaran pedoman penggunaan, anda dapat mengajukan banding kepada pihak WhatsApp.

3. Ajukan Banding

Anda dapat mengajukan banding jika merasa tidak melakukan pelanggaran. Pengajuan banding dapat anda lakukan melalui e-mail di situs whatsapp.com/contact.

Cara Melakukan Pengajuan Banding

  • Hubungi pihak WhatsApp melalui e-mail di situs whatsApp.com/contact.
  • Pilih opsi “Hubungi” pada menu “Dokumen WhatsApp Messenger”.
  • Masukan data diri seperti nomor telepon yang digunakan untuk akun WhatsApp, alamat email, dan perangkat untuk mengakses WhatsApp.
  • Kemudian masukan laporan keberatan atas masalah akun WhatsApp anda yang diblokir karena “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam”.
  • Kirim laporan tersebut dan tunggu balasan dari WhatsApp dengan kurun waktu maksimal tiga hari kerja.

Penting halnya untuk kita menghormati pedoman penggunaan dan menjaga pengalaman pengguna lain. Anda dapat mengikuti langkah-langkah antisipasi dan menaati pedoman untuk terus menggunakan layanan komunikasi bebas hambatan dari WhatsApp.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.