Cara Mudah Mengaktifkan Kembali WhatsApp Multi Device

Sep 23, 2022

Kemajuan teknologi semakin pesat dan semakin membantu banyak bidang termasuk bidang telekomunikasi. Salah satunya adalah pemanfaatan dari telepon genggam yang awal kemunculannya hanya sebagai penghubung kini sudah merambah, yaitu mengirimkan video atau gambar. Terlebih dengan kemunculan

Salah satu yang menjadi terobosan bidang komunikasi adalah kemunculan aplikasi perpesanan yang baru yang dikenal sebagai WhatsApp multi device. Awal kemunculannya hanya sederhana sebagai media pengirim serta penerima komunikasi dalam bentuk tulisan yang memanfaatkan kuota internet sehingga lebih murah dan fleksibel.

Namun kini berkembang dengan pesat yang tadinya hanya dapat digunakan pada satu telepon tegang saja ini bahkan merambah hingga dapat digunakan di beberapa perangkat yang disebut dengan WhatsApp multi device. Bahkan, kini dalam 1 telepon genggam dapat digunakan 2 jenis whatsapp yaitu reguler dan bisnis.

Mengenal WhatsApp Multi Device

sudah kerap terdengar bahwa whatsapp akan mengembangkan suatu fitur baru yang memudahkan para penggunanya untuk mengakses 1 akun Whatsapp tanpa saling terhubung. Bahkan beberapa waktu yang lalu telah banyak WhatsApp multi device versi beta yang beredar di kalangan penggunanya.

Artinya pihak pengembang aplikasi perpesanan ini sudah mengujicobakan WhatsApp multi device agar dapat digunakan oleh banyak penggunanya. Hasilnya kemudian akan dianalisis apakah ada kelebihan dan kekurangannya.

Jika ditemukan bug, tentu akan mengurangi tingkat kinerja WhatsApp yang selama ini dianggap baik. Oleh karenanya, sebelum dirilis versi baru ini, akan ada versi beta yang dimanfaatkan sebagai uji coba untuk meningkatkan performa jika seseorang mengakses satu akun menggunakan beberapa perangkat beda, namun tidak saling berhubungan.

Lalu kini developer aplikasi perpesanan baru tersebut telah merilis versi terbarunya yaitu WhatsApp multi device yang memungkinkan para penggunanya untuk tetap berhubung dengan akunnya. Namun, memanfaatkan 4 perangkat yang berbeda. Bedanya adalah perangkat utama dimana Akun tersebut berada tidak perlu lagi terhubung.

Karena pada saat ini, agar dapat memanfaatkan akun Whatsapp pada perangkat yang lain maka telepon genggam di mana akun Whatsapp itu terpasang harus selalu terkoneksi dengan perangkat lain yang akan digunakan. Jika koneksi terputus, otomatis perangkat tersebut tidak dapat mengoperasikan WhatsApp.

Namun, kesulitan tersebut Kkni diatasi dengan fiturnya yang baru yaitu WhatsApp multi device yang artinya pengguna dapat mengakses akunnya melalui empat perangkat yang berbeda. Dengan kemudahan yang baru yaitu telepon genggam yang memiliki akun utamanya tidak harus terkoneksi dengan keempatnya.

Hal ini tentu akan memudahkan bagi pengguna aktif WhatsApp karena dapat langsung bekerja pada perangkat tersebut. Antara lain memanfaatkan WhatsApp web yang akan digunakan menggunakan laptop, PC dan lain sebagainya.

Namun, kemudahan WhatsApp multi device ini tidak berlaku tanpa batas waktu. Karena pihak pengembang memberikan waktu selama 14 hari agar dapat melakukan memanfaatkannya. Sebab jika pengguna tidak mengakses WhatsApp yang ada di perangkat utama maka fitur pada multi device akan langsung terputus.

Langkah-Langkah Mengaktifkan Fitur WhatsApp Multi Device

Fitur baru WhatsApp multi device ini tentu disambut baik oleh para penggunanya. Sebab akan memberikan manfaat yang lebih baik serta pengalaman mengirimkan pesan yang yang lebih menarik. Terutama jika dapat menggunakannya dalam 4 perangkat yang berbeda.

Terlebih lagi jika terbuka kemungkinan untuk menggunakan WhatsApp web di mana saja. Sebab sekarang ini banyak pekerjaan yang diselesaikan menggunakan perangkat komputer laptop atau PC akan merasa sangat terbantu dengan adanya kemudahan WhatsApp multi device ini. Maka pengiriman hasil kerja berupa dokumen atau video dengan ukuran tertentu menjadi lebih mudah

Selanjutnya adalah langkah mudah untuk memanfaatkan fitur WhatsApp multi device pada perangkat yang lain selain telepon genggam yang terpasang sebagai akun utamanya. Anda dapat memanfaatkan laptop atau komputer PC untuk menggunakannya

Lakukanlah pembaharuan aplikasi WhatsApp terlebih dahulu yang sudah dilengkapi dengan fitur terbaru ini, yaitu WhatsApp multi device. Anda dapat melakukan updatenya melalui layanan pada Google App Store, Jika telepon genggam Anda selalu terhubung dengan wi-fi maka secara otomatis proses ini dilakukan oleh WhatsApp.

  1. Bukalah aplikasi WhatsApp versi terbarunya
  2. Klik iklan titik tiga yang ada pada sudut kanan atas pada layar WhatsApp
  3. Akan terdapat beberapa pilihan Tekanlah pilihan perangkat tertaut atau Link device
  4. Kemudian selanjutnya Bukalah Whatsapp web yang ada pada laptop atau komputer yang akan anda hubungkan dengan perangkat utama tunggulah beberapa saat hingga kode QR terbuka.
  5. Selanjutnya Anda akan melihat halaman WhatsApp web yang menampilkan kode QR tersebut.
  6. Tekan tautkan perangkat yang akan terlihat pada halaman WhatsApp telepon genggam pada pilihan perangkat tertaut.
  7. Selanjutnya WhatsApp akan beralih ke Pindai kode QR.
  8. Selanjutnya Anda harus memindai kode QR yang ada pada WhatsApp web untuk membuka fitur tersebut. Lanjutkan dengan scan otomatis pada pilihan perangkat tertaut tadi.
  9. Setelah proses selesai, maka tampilan pada laptop atau komputer akan sama persis seperti tampilan yang ada pada perangkat utama di mana akun Whatsapp Itu terpasang.
  10. Anda mulai dapat menggunakan WhatsApp web untuk mengirimkan pesan yang anda inginkan.
  11. Jika Anda tidak membutuhkan lagi WhatsApp web maka dapat keluar dari layanan ini caranya yaitu pilihlah ikon tiga titik yang terdapat pada WhatsApp web yang ada pada atas kolom percakapan.
  12. Setelahnya tekan keluar maka secara otomatis anda akan logout dari WhatsApp web ini.

Jika pada versi terdahulunya ketika perangkat utama tidak terkoneksi pada perangkat lain yang akan digunakan untuk membuka akun Anda, maka koneksi akan otomatis terputus. Sekarang tidak, Anda harus mematikannya secara manual. Sehingga Anda harus hati-hati ketika memanfaatkan fitur ini. Terutama jika terpaut pada perangkat yang digunakan umum.

Kemudahan lainnya yang diberikan oleh fitur WhatsApp multi device adalah pengguna tidak perlu mengkoneksikan ulang perangkat utama yang terpasang akun tersebut. Namun perlu diingat fasilitas ini hanya diberikan selama 14 hari sehingga jika perlu memanfaatkan fitur ini lebih lama lagi, maka tetap harus mengaksesnya menggunakan pada perangkat utama.

Tidak Dapat Terhubung ke WhatsApp Multi Device

Jika Anda tidak dapat mengirim atau menerima pesan di WhatsApp, perangkat Anda mungkin tidak memiliki koneksi Internet.

Sebagian masalah ada juga yang pairing lebih dari 4 perangkat berikut beberapa solusinya:

Setelan perangkat

  • klik logo titik 3 dipojok kanan atas & masuk ke perangkat tertaut.
  • cek apakah sudah tertaut pada 4 perangkat & klik salah satu perangkat tertaut.
  • keluar dari perangkat yang tertaut.
  • Restart & masuk lagi ke perangkat.

WhatsApp multiple device membantu bisnis memberikan layanan pelanggan lebih cepat. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengakses satu akun WhatsAp di empat perangkat sekaligus.

Pada aplikasi WhatsApp messenger, fitur WhatsApp multiple device memungkinkan Anda untuk mengakses satu akun WhatsApp pada empat perangkat bersamaan. Namun berbeda dengan fitur multi device pada WhatsApp Business API, yang memungkinkan Anda untuk menambahkan agen atau device tak terbatas.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.