DOKUMENTASI WEBHOOK MAXCHAT : Untuk Menggabungkan Banyak Sistem dengan Whatsapp API

Jul 20, 2022

Webhook kini mulai banyak digunakan oleh bisnis untuk menunjang kebutuhannya. Hal ini karena Webhooks dipercaya dapat membantu bisnis untuk menerima pesan atau informasi secara instan dari berbagai sistem atau aplikasi lainnya termasuk whatsapp api. Selaras dengan semakin tingginya kebutuhan bisnis, tentu hal yang lumrah jika kini banyak bisnis yang menggunakan berbagai macam sistem atau aplikasi untuk menunjangnya.

Dari banyaknya sistem yang digunakan oleh bisnis, tentunya masing-masing sistem tersebut akan memberikan berbagai informasi yang berbeda. Tentu sangat sulit jika bisnis harus menarik informasi dari masing-masing sistem secara manual untuk disatukan di satu tempat yang sama. Di situasi inilah Webhooks akan memiliki peran yang signifikan. Lebih jelasnya, silahkan simak artikel ini untuk mengetahui mengenai webhook.

TABLE OF CONTENT

1. Apa Itu Webhook?

Webhook di pengembangan web adalah metode menambah atau mengubah perilaku dari halaman web atau aplikasi web dengan adat callback.

2. Apa Fungsi Webhook?

Webhook adalah "panggilan balik HTTP yang ditentukan pengguna". Mereka biasanya dipicu oleh beberapa peristiwa, seperti mendorong kode ke repositori atau komentar yang diposting ke blog.  Ketika peristiwa itu terjadi, situs sumber membuat permintaan HTTP ke URL yang dikonfigurasi untuk webhook. Pengguna dapat mengkonfigurasinya untuk menyebabkan peristiwa di satu situs memicu perilaku di situs lain.

3. Perbedaan Webhook dan API

API adalah sebuah antarmuka untuk data Anda pada server penyedia API (MaxChat.Id) API digunakan dari server anda ke platform penyedia dan bisa digunakan untuk membuat, edit atau hapus item.

Webhook adalah panggilan otomatis dari platform penyedia ke server anda, bila terjadi peristiwa tertentu. Misalnya, saat bertugas selesai dan Anda ingin tahu tentang hal itu secara real time kita akan membuat Permintaan POST ke URL yang telah Anda daftarkan untuk EVENT LENGKAP webhook di akun penyedia Anda.


Jadi, singkatnya: API adalah tempat anda memberi tahu contoh dan Webhook adalah dimana server anda menceritakan banyak hal.

4. Perbedaan Webhook dan Bot

Webhook adalah panggilan otomatis dari server penyedia ke server anda dipicu . Sedangkan, bot adalah perintah pesan otomatis yang diatur sedemikian rupa oleh pengguna.

5. Bagaimana Menggunakan Webhook?

Untuk menggunakan webhook pertama kali menggunakan domain public atau ip public server sebagai url webhook, kemudian contoh script webhook yang kami berikan bisa dijalankan pada domain public atau ip public server tersebut.

6. Bagaimana Setup Webhook di Maxchat

Webhook ini akan ter-Trigger saat User-End atau Customer mengirimkan pesan ke Nomor Official Whatsapp anda.

Konfigurasi Webhook di Dashboard Maxchat

Notifikasi Webhook
Pesan Interaksi : Incoming Message dari Customer/Client;
Outbond Message Status

Contoh Webhook dengan menggunakan script PHP dari Maxchat: maxchat.php
& sample_webhook.php

Edit file maxchat.php dan cek Variabel Global API_URL & API_TOKEN, sesuaikan
dengan account dan token yg tersedia
Eksekusi script : php -S ipaddress:8000 di Server/VPS Public

Konfigurasi alamat Webhook di Dashboard contoh: http://ip-domain-
server/sample_webhook.php

Kirim pesan “bot” ke nomor WA Official dan secara otomatis akan membalas
pesan Anda

Jika Anda tertarik untuk menggunakan Whatsapp Api dari Maxchat dan mengintegrasikannya dengan sistem eksternal melalui bantuan Webhooks, Anda dapat menghubungi kami disini

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.