Google My Business Berpengaruh Terhadap Performa Bisnis, Benarkah?

Pasti Anda pernah membeli produk namun melihat profil bisnis terlebih dahulu melalui ulasan-ulasan yang dibagikan orang lain, bukan?. Hal ini bertujuan agar Anda bisa memastikan bahwa produk yang ingin dibeli memiliki kualitas yang baik.

Nah, ulasan-ulasan produk maupun pelayanan yang diberikan kepada pelanggan bisa dilihat di platform khusus, salah satunya melalui tool Google My Business.

Pihak Google menyediakan Google My Business kepada pemilik bisnis atau penyedia layanan untuk mengelola dan mengenalkan produk/layanannya kepada masyarakat di berbagai platform Google, seperti Google My Business dan Google Maps. Dengan demikian, pelanggan dapat mengetahui profil bisnis, alamat bisnis hingga review yang diberikan untuk pemilik bisnis.

Lantas, benarkah Google My Business berpengaruh terhadap performa bisnis? yukk simak artikel ini untuk mengetahui informasi tentang Google My Business dan pengaruhnya terhadap performa bisnis.

Apa itu Google My Business?

Dilansir dari website google, Google My Business adalah alat mudah yang digunakan untuk mengelola kehadiran bisnis dan organisasi di internet melalui google.

Alat bantu ini digunakan supaya pelanggan menemukan kehadiran suatu bisnis melalui internet yang mencakup profil bisnis, alamat bisnis, produk/layanan, pelayanan ke pelanggan hingga ulasan yang dibagikan pelanggan.

Ini adalah layanan gratis yang diberikan oleh google untuk membantu menyediakan kehadiran suatu bisnis dan dapat dikelola secara pribadi.

Google My Business atau Google Bisnisku dinilai mampu meningkatkan profil digital suatu bisnis yang dapat mempengaruhi perilaku pelanggan.

Bagaimana Google My Business Berpengaruh terhadap Performa Bisnis?

Salah satu alasan pelanggan tertarik untuk melakukan transaksi adalah mengenai reputasi bisnis. Reputasi bisnis seringkali menjadi titik awal interaksi suatu bisnis dengan calon pelanggannya. Dengan melihat review, ulasan, atau testimoni dari orang lain, calon pelanggan bisa saja jatuh hati dengan produk yang Anda tawarkan.

Untuk melihat lebih jauh mengenai pengaruh Google Bisnisku terhadap performa bisnis, simak manfaatnya di bawah ini:

Meningkatkan Kehadiran Bisnis

Menggunakan Google My Business pada bisnis artinya mengenalkan bisnis pada keterlibatan audiensi global. Bisnis Anda akan dapat dilihat semua orang saat mencarinya di platform bisnis. Bahkan tidak hanya mengenai informasi layanan, alamat bisnis Anda juga akan tercantum pada platform Google Maps. Tentunya ini meningkatkan kehadiran dan jangkauan bisnis kepada khalayak umum.

Ulasan yang Dibagikan

Google My Business dilengkapi dengan fitur pemberian ulasan dari pelanggan. Artinya pelanggan dapat memberikan feedback dan review-nya kepada bisnis Anda. Ulasan yang diberikan pelanggan mengikuti dengan produk dan pelayanan bisnis yang Anda berikan. Ulasan ini juga berdampak pada calon pelanggan berikutnya.

Oleh karena itu, Anda juga harus pastikan produk dan pelayanan yang dilakukan harus baik sehingga pelanggan tidak memberikan ulasan yang buruk.

Baca juga: 4 Cara untuk Memaksimalkan Kualitas Customer Serive Bisnismu

Meningkatkan Reputasi Bisnis

Anda pasti pernah ketika ingin membeli produk, tapi melihat ulasan terlebih dahulu untuk memastikan produk yang dijual berkualitas baik atau tidak. Selain itu, juga dapat melihat kualitas pelayanan yang diberikan penjual, apakah memihak kepada pelanggan atau cenderung tidak memperhatikan pelanggan.

Ulasan ini kenyataannya mempengaruhi perilaku pelanggan untuk membeli produk bisnis atau tidak. Dengan memberikan produk berkualitas, pelayanan yang optimal, dan dibagikan melalui ulasan di Google My Business, bisnis Anda akan menarik calon pelanggan untuk bertransaksi.

Interaksi dengan Pelanggan

Google Bisnisku memberikan fitur pesan, komentar, dan ajukan pertanyaan agar Anda dapat berinteraksi dengan pelanggan. Fitur tersebut berguna supaya pelanggan mengetahui informasi lebih lanjut dan lebih detail.

Anda bisa melihat secara berkala pada fitur tersebut untuk berinteraksi kepada pelanggan atau melihat saran dan masukan untuk bisnis Anda.

Informasi Terbaru

Anda diberi kebebasan untuk mengelola dan memperbarui informasi terkait bisnis Anda, seperti jam operasional, alamat kantor, kontak yang bisa dihubungi atau informasi lainnya.

Informasi terbaru ini  akan sangat dibutuhkan oleh pelanggan Anda saat ingin bertransaksi. Pastikan selalu update terkait informasi bisnis terbaru, yaaa.

Cara Mengelola Google My Business Untuk Tingkatkan Performa Bisnis

Setelah mengetahui manfaat Google My Business pada performa bisnis, berikut adalah cara untuk mengelola Google My Business dengan baik agar bisnis Anda mendapat pelanggan lebih banyak:

Lengkapi dan Perbarui Informasi Bisnis

Informasi mengenai bisnis Anda sangat dibutuhkan oleh pelanggan. Jadi pastikan semua informasi bisnis Anda lengkap dan akurat, seperti jam operasional, situs web, alamat, nomor telepon, jam operasional, dan deskripsi bisnis. Informasi yang lengkap membantu pelanggan menemukan dan menghubungi Anda.

Tampilkan Foto dan Video Berkualitas

Berikan tampilan yang menarik pelanggan pada Google My Business. Tampilan bisnis yang menarik akan membantu bisnis Anda disukai meski melalui foto. Beri tampilan seperti foto interior, eksterior, produk atau layanan, dan tim, sehingga memberikan kesan yang baik.

Kelola  Ulasan

Feedback dari orang lain untuk bisnis Anda dapat dilihat oleh calon pelanggan Anda berikutnya. Ulasan yang dibagikan orang lain dapat mempengaruhi perilaku calon pelanggan dan mempengaruhi citra bisnis Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan merespons baik ulasan positif maupun negatif.

Perbarui Jam Operasional

Jika masih di tahap UMKM dan belum memiliki karyawan tetap pada bisnis Anda, kemungkinan jam operasional masih bergantung pada kegiatan yang Anda lakukan. Pastikan untuk memperbarui jam operasional kapan pun saat terjadi perubahan, terutama selama liburan atau acara khusus.

Gunakan Fitur Pengelolaan Lokasi Ganda

Jika Anda memiliki beberapa lokasi bisnis, Anda bisa mengelola semuanya dari satu dashboard Google My Business. Pastikan semua lokasi memiliki informasi yang akurat. Ini akan membantu setiap pelanggan Anda saat ingin berkungjung ke lokasi bisnis.

Perkembangan teknologi saat ini sangat menguntungkan bisnis kita jalankan. Bisnis yang baik membutuhkan strategi yang matang dan jeli terhadap setiap peluang. Google My Business merupakan salah satu teknologi yang bisa Anda manfaatkan dalam menjalankan bisnis. Setiap informasi yang Anda sampaikan melalui Google My Business dapat bermanfaat oleh calon pelanggan Anda, dan peluang bisnis juga akan meningkat.-MN

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.