Jualan Makin Laris di Dengan WhatsApp Business!

Sep 8, 2022

Saat ini WhatsApp menjadi salah satu sosial media dengan database pengguna terbesar di dunia yang menurut data menyebutkan sebanyak 83%  dari 171 juta pengguna internet di Indonesia, menggunakan WhatsApp. Melihat data tersebut merupakan peluang emas bagi Anda untuk dapat menjangkau pasar lebih luas melalui WhatsApp. Lalu bagaimana cara jualan online laris di WhatsApp?

Sebelum lebih jauh mengetahui cara jualan online laris di WhatsApp, kita perlu memahami kenapa bisnis perlu memanfaatkan aplikasi whatsapp untuk jualan online. Alasan utamanya adalah memudahkan bisnis dan pelanggan untuk bertransaksi tanpa bertatap muka langsung alias secara daring (online).

Pelanggan juga lebih mudah menghubungi bisnis tanpa menginstall aplikasi tambahan. Hubungan yang terjalin baik antara bisnis dengan pelanggan akan membangun loyalitas mereka. Maka dari itu, sangat penting bagi bisnis memiliki cara jualan di WhatsApp yang efektif.

Pelajari selengkapnya cara jualan online laris di WhatsApp pada artikel di bawah ini.

Keuntungan Jualan Laris di WhatsApp

Keuntungan utama jualan online di WhatsApp adalah memudahkan transaksi jual beli bisnis Anda. Di mana Anda dapat menawarkan produk ke pelanggan melalui WhatsApp tanpa perlu menyimpan nomor mereka.

Cara jualan di WhatsApp banyak diminati bisnis karena mampu meningkatkan pendapatan serta penghematan bersamaan. Selain itu, banyak manfaat lainnya yang dapat Anda rasakan dengan jualan online di WhatsApp, di antaranya sebagai berikut:

  • Menjangkau pelanggan dan prospek (leads) dengan cara lebih efisien
  • Menjalin hubungan pelanggan lebih dekat
  • Memudahkan bisnis melakukan pemasaran
  • Dengan layanan berbagi lokasi (share location) mempercepat kurir mengirimkan produk ke pelanggan
  • Menyediakan layanan konsultasi langsung selama 24 jam
  • Merespon pertanyaan yang diajukan pelanggan lebih cepat

Salah satu alasan terbaiknya adalah mungkin karena sudah banyak customer bisnis Anda yang menggunakan messenger channel ini. Jadi yang mudah termudah untuk dijangkau dapat menjadi sebuah poin tambahan di mata customer Anda.

Bagaimana Tips atau Cara Jualan Online Laris di WhatsApp?

Aplikasi whatsapp untuk jualan online perlu didukung trik atau cara khusus. Tujuannya agar produk yang dijual bisa laris diborong pelanggan. Berikut 10 cara jualan di WhatsApp laris manis yang bisa Anda coba terapkan:

  1. Melakukan Optimalisasi Business Profile

Dengan menggunakan WhatsApp business kita dapat menyediakan informasi yang lebih rinci seperti Foto profile, Alamat lengkap, Kategori bisnis, Deskripsi bisnis, Hari dan jam operasional, Alamat email bisnis, Alamat website

Salah satu alasan terbaiknya adalah mungkin karena sudah banyak customer bisnis Anda yang menggunakan messenger channel ini.

2. Menggunakan Label

Prinsip dari label ini adalah menandai dan mengkategorikan chat berdasarkan kriteria tertentu. Tujuannya supaya memudahkan bisnis untuk melakukan follow-up. Salah satu use case nya adalah untuk membedakan chat mana sudah melakukan pembayaran dan mana yang belum.

WhatsApp Business menyediakan label default antara lain :

  • New customer
  • New order
  • Pending payment
  • Paid
  • Order complete

Yang mana label-label ini dapat di custom sesuai dengan kebutuhan bisnis.

3. Integrasikan dengan saluran pemasaran lainnya

Tips dan trik WhatsApp Business untuk bisnis yang terakhir adalah mengintegrasikan dengan saluran pemasaran lainnya. Ingat bahwa harapan dari penggunaan messenger seperti WhatsApp adalah untuk respons yang lebih cepat, jadi dalam menggunakan WhatsApp untuk bisnis pastikan Anda memiliki sumber daya untuk mengelola, membalas pesan-pesan dengan cepat.

Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mengoptimalkan WhatsApp Business anda adalah dengan menghubungkan whatsapp business api dengan Maxchat sehingga nomor WhatsApp yang anda gunakan untuk berkomunikasi dengan customer dapat diakses oleh beberapa agent/admin yang anda miliki secara bersamaan.

Agen anda juga dapat di assign ke topik-topik yang paling sering jadi bahasan customer Anda, sehingga dikemudian hari saat data ini dibutuhkan, Anda dapat menemukannya dengan mudah.

Terapkan Cara Jualan Makin Laris Dengan WhatsApp Business bersama kami!

Cara jualan online laris di WhatsApp dapat Anda terapkan dengan memanfaatkan WhatsApp Business API. Whatsapp API menawarkan memudahkan Anda untuk melakukan jual beli secara online sekaligus membangun loyalitas pelanggan.

Maxchat menyediakan solusi end-to-end WhatsApp API yang dapat dikustomisasi dan terintegrasi dengan sistem Omnichannel CRM. tidak hanya membantu Anda melakukan marketing, tapi juga efektif meningkatkan penjualan dan customer service.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.