Kelola Data Bisnis Anda dengan Aplikasi Database Pelanggan

Sep 16, 2022

Dalam menjalankan bisnis apapun, pelanggan memiliki posisi yang sangat penting dalam menentukan kelangsungan suatu bisnis. Itulah sebabnya, sebagai pemilik bisnis sebisa mungkin Anda mengupayakan layanan pelanggan yang terbaik. Tujuannya tentu saja agar memiliki pelanggan yang loyal, serta tak segan merekomendasikan bisnis Anda kepada banyak orang dalam lingkungan mereka. Nah, untuk bisa melakukan hal itu, sudah seharusnya setiap Pelaku Bisnis memahami betapa pentingnya memiliki dan mengelola database pelanggan.

Database Pelanggan adalah kumpulan informasi dari tiap-tiap pelanggan. Disebut kumpulan informasi karena memang memuat nama, alamat rumah, nomor telepon, data pribadi lainnya seperti tanggal ulang tahun, hingga alamat email pelanggan. Tidak hanya itu saja, beberapa pelaku bisnis juga menyertakan riwayat pembelian, riwayat percakapan, sampai jadwal temu dengan pelanggan dalam database.

Apa Itu Aplikasi Database Pelanggan?

Aplikasi database pelanggan adalah software yang dapat membantu menyimpan dan menyusun seluruh informasi mengenai klien dan pelanggan, termasuk detail kontak, riwayat interaksi dengan mereka, hingga kapan interaksi tersebut berlangsung.

Aplikasi yang banyak memuat informasi pelanggan kerap disebut CRM (Customer Relationship  Management). Seperti namanya, aplikasi CRM ini sudah pasti bisa membantu pebisnis dalam menyimpan, mengelola, hingga mengelompokkan data pelanggan berdasarkan kategori tertentu yang dibutuhkan.

Perkembangan Penggunaan Software Database Pelanggan

Ketika sebuah perusahaan semakin berkembang, mereka akan membutuhkan aplikasi atau software untuk membantu mengelola proses bisnis, pelanggan, dan produk agar menjadi lebih mudah dan maksimal.

Biasanya perusahaan memulainya dengan menggunakan spreadsheet atau sistem database standard lainnya. Namun, seiring dengan berkembangnya kebutuhan perusahaan, fitur tersebut tidak lagi efektif dan malah menghabiskan waktu untuk hal yang berulang.

Oleh sebab itu, aplikasi database online menjadi kebutuhan bagi perusahaan untuk memberikan solusi dalam mengelola pelanggan dan bisnis secara keseluruhan.


Manfaat Aplikasi Database Pelanggan

Aplikasi untuk menyimpan database pelanggan memiliki peranan penting dalam mengembangkan sales dan customer service perusahaan. Memiliki database adalah cara terbaik untuk menyimpan seluruh informasi pelanggan secara teratur dan up to date.

Data yang jelas dan efisien dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya mendorong efisiensi perusahaan, memberikan kepuasan pelanggan, dan membangun loyalitas mereka, serta meningkatkan penjualan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 8 manfaat aplikasi database pelanggan untuk bisnis:

1. Kemudahan akses terhadap data pelanggan setiap saat

Anda dapat mengakses data pelanggan dengan aman kapanpun dan dimanapun dengan mudah, terutama jika aplikasi yang dipilih mendukung perangkat mobile.

2. Membantu mengidentifikasi kebutuhan perusahaan

Memiliki aplikasi untuk menyimpan database pelanggan tidak hanya digunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Data tersebut bisa digunakan perusahaan untuk mengidentifikasi purchase behavior dan ketertarikan pelanggan.

Hal ini bisa menjadi metode yang efektif untuk mengembangkan produk baru dan pelayanan. Dengan adanya CRM, Anda juga bisa mengetahui keinginan pelanggan secara mudah.

3. Mengambil keputusan lebih baik

Manfaat lainnya dari analisis terhadap database pelanggan adalah memberikan visualisasi data. Visualisasi data merangkum dan menampilkan data dalam bentuk grafik yang membantu jajaran manajerial dalam mengidentifikasi pola atau masalah untuk dihindari.

Hal ini dapat digunakan untuk menemukan dan menyelesaikan masalah sebelum keadaan semakin memburuk.

4. Menghemat biaya bisnis secara keseluruhan

Selain membantu menargetkan area untuk meningkatkan penjualan, aplikasi untuk menyimpan database customer juga membantu mengidentifikasi penjualan mana yang berhasil dan tidak.

Dengan demikian, perusahaan dapat menyusun strategi lebih baik dan tidak menghabiskan biaya yang tidak perlu.

5. Menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan

Manfaat aplikasi database online selanjutnya adalah menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasi penyimpan database ini dapat memberikan kemudahan akses kepada setiap karyawan, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan.

Di mana agen atau perwakilan yang bertugas dapat memahami apa kebutuhan dan keluhan pelanggan berdasarkan riwayat interaksi dan keterlibatan yang tersimpan di aplikasi database online sebelumnya.

6. Meningkatkan pendapatan perusahaan

Apabila pelanggan merasa puas dan loyal terhadap merek, maka ini secara bersamaan juga akan membantu meningkatkan angka penjualan dan pendapatan bisnis perusahaan secara maksimal.

7. Memberikan ROI (Return on Investment)

Manfaat penting lainnya dari penggunaan aplikasi database online adalah memberikan return on investment pada bisnis. Sehingga, bisnis dapat memperoleh keuntungan dari apa yang sudah diinvestasikan sebelumnya.

Dalam hal ini, investasi yang dimaksud adalah biaya pembelian atau penggunaan layanan aplikasi database online yang memudahkan operasional bisnis secara keseluruhan.

Bagaimana Cara Memilih Aplikasi Database Pelanggan yang Tepat?

Dalam memilih aplikasi database pelanggan, sangat penting untuk mempertimbangkan fitur-fitur yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan. Tiap vendor memiliki fungsi dan fitur yang berbeda, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Namun, Anda tidak perlu pusing atau khawatir dalam memilih mana aplikasi database online terbaik untuk bisnis perusahaan Anda. Karena Maxchat menyediakan aplikasi CRM yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Aplikasi yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang dapat membantu merekam, menyimpan, dan mengelola seluruh interaksi Anda dengan pelanggan secara mudah dalam satu platform terpadu. Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan berbagai sistem pendukung bisnis lain

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.