Melek Teknologi: Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pengembangan Bisnis

WhatsApp Business API Aug 20, 2023

Pemanfaatan teknologi sudah banyak dilakukan oleh manusia. Hal ini dikarenakan teknologi mampu memberikan kemudahan dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari. Teknologi dapat mempermudah proses, mempersingkat waktu, bahkan mengurangi biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan, termasuk dalam dunia bisnis (@smarteye.id).

Teknologi sekarang menjadi salah satu kebutuhan mutlak bagi para pebisnis untuk mengembangkan usahanya dalam menjangkau pasar global. Biasanya peranan teknologi informasi digunakan untuk perdagangan dan pemasaran produk dari pelaku bisnis.

Bangun Potensi Bisnis dengan Memanfaatkan Teknologi Digital

Persaingan di dunia bisnis telah meningkat saat era digitalisasi kian merebak. Banyak cara untuk membangun potensi bisnis agar tetap relevan dan dapat bersaing secara kompetitif. Untuk itu, perlu mengetahui manfaat teknologi digital dalam pengembangan bisnis. Apa saja kira-kira?

E-Commerce

Salah satu dampak paling signifikan dari teknologi digital adalah munculnya e-commerce. Perusahaan tidak perlu membangun kios atau toko untuk menjual produk mereka, namun dapat secara online melalui platfrom-platfrom e-commerce, seperti Amazon, Alibaba, dan Meituan. Hal ini juga berdampak pada pertumbuhan bisnis dalam menjangkau pelanggan dari berbagai belahan dunia.

Digital Marketing

Teknologi digital juga telah mengubah teknik pemasaran produk dan jasa pada suatu perusahaan. Dengan digital marketing, pemasaran produk dan jasa dapat dilakukan melalui iklan di media sosial, kampanye e-mail, dan berbagai strategy marketing lainnya. Penggunaan digital marketing berdasarkan data dan analitik memungkinkan jangkauan target akan lebih terarah dan relevan.

Layanan Pelanggan dan Chatbot

Walaupun teknologi tidak sepenuhnya dapat menggantikan manusia, namun penggunaan teknologi berbantuan Artificial Intelligence (AI) bisa meningkatkan respon cepat dan terprogram terhadap pertanyaan pelanggan. Hal ini dapat mengurangi waktu tunggu dan memberikan pelayanan kepada pelanggan secara maksimal.

Work From Anywhere

Bekerja jarak jauh atau remote work merupakan hal yang umum dalam era digitalisasi, terutama saat pandemi COVID-19. Berbagai alat komunikasi seperti vidio konferensi maupun aplikasi berbagi dokumen memungkinkan tim bekerja sama meskipun berada di lokasi yang berbeda. Hal ini membuktikan bahwa manfaat teknologi akan sangat berguna jika dilakukan secara positif.

Baca juga: 3 Keuntungan Menggunakan Chatbot Whatsapp!

Pemanfaatan teknologi digital telah membuka peluang yang sangat lebar dalam mengembangkan suatu bisnis. Peranan teknologi digital dalam pengembangan bisnis tidak hanya memberikan efektivitas dalam hal bekerja, namun juga meningkatkan hasil penjualan.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.