Pengertian Omnichannel Marketing dan Keunggulannya untuk Bisnis

WhatsApp API Indonesia Nov 16, 2023

Pemasaran memberikan dampak yang signifikan pada hasil pertumbuhan usaha. Strategi yang tepat dan pelaksanaan yang baik mampu memberikan hasil peningkatan konversi penjualan.

Tujuan utama pemasaran atau marketing pada bisnis adalah untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan. Salah satu pendekatan dan strategi marketing untuk menjangkau kepuasan pelanggan yaitu menggunakan omnichannel marketing.

Omnichannel marketing menjadi strategi pemasaran yang banyak digunakan dalam beberapa tahun terakhir. Omnichannel secara nyata memberikan pengaruh positif pada keberhasilan bisnis. Strategi dan pelaksanaan omnichannel marketing yang baik akan memberikan kenyamanan dan kepuasan pelanggan, hingga konversi penjualan usaha meningkat.

Ketahui lebih lanjut apa itu omnichannel marketing dan keunggulannya untuk bisnis? Simak artikel berikut.

Pengertian Omnichannel Marketing

Omnichannel marketing merupakan bentuk pemasaran yang mensinkronisasikan model operasi untuk terciptanya keselarasan antara semua saluran komunikasi dari perusahaan. Strategi ini bertujuan supaya terdapat integrasi sistem perusahaan yang memberikan layanan ‘single face’ kepada pelanggan guna terciptanya konsistensi pada interaksi bisnis.

Omnichannel adalah sebuah cara menggabungkan berbagai saluran komunikasi yang memfasilitasi pelanggan agar selalu terhubung dengan perusahaan. Pada aspek bisnis, omnichannel digunakan untuk memberikan kepuasan pelanggan saat melakukan interaksi. Pelanggan akan mudah menemukan customer service dari perusahaan yang dituju dan memberikan informasi dari satu sumber agar tercipta konsistensi saat bertukar informasi.

Pelanggan dapat menghubungi perusahaan melalui berbagai platform, seperti aplikasi E-commerce, WhatsApp, Instagram maupun Twitter perusahaan, dan akan diterima oleh orang yang sama, sehingga informasi yang diberikan lebih valid.

Keunggulan Omnichannel Marketing untuk Bisnis

  • Pengalaman Pelanggan yang Seragam

Omnichannel memungkinkan bisnis menyajikan pengalaman yang seragam dan konsisten kepada konsumen di berbagai saluran. Ini menciptakan keselarasan dalam interaksi konsumen dengan merek, memberikan kesan positif dan tentunya meningkatkan kepuasan pelanggan.

  • Fleksibilitas dan Kemudahan bagi Pelanggan

Omnichannel memberikan konsumen fleksibilitas untuk beralih antar saluran tanpa kehilangan konsistensi. Misalnya, konsumen dapat mulai penelusuran produk secara online dan melanjutkannya di toko fisik, atau sebaliknya. Ini menciptakan pengalaman yang lebih nyaman dan sesuai dengan gaya hidup konsumen modern.

  • Memaksimalkan Proses Transaksi

Bisnis dapat mengoptimalkan proses pembelian dengan menyatukan saluran penjualan. Pelanggan dapat dengan mudah mencari informasi produk, membandingkan harga, dan melakukan pembelian tanpa hambatan antar saluran.

  • Daya Saing yang Lebih Kompetitif

Bisnis yang mengadopsi strategi omnichannel dapat memiliki keunggulan untuk berkompetitif di pasar dan kompetitor. Mereka dapat lebih baik bersaing dengan kompetitor yang mungkin masih mengandalkan model pemasaran yang lebih tradisional.

Layanan Omnichannel dari Maxchat

Maxchat Omnichannel adalah sebuah layanan yang menyediakan satu dashboard untuk mengelola berbagai platform sosial media, seperti Facebook, Email, WhatsApp, Instagram, Telegram, dan Twitter, hingga e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia.

Layanan ini akan membantu pengoprasian bisnis Anda agar bisa memanjakan layanan dari sisi customers, sehingga customers lebih betah dan lebih nyaman berinteraksi dengan perusahaan.

Maxchat Omnichannel menawarkan berbagai program layanan sesuai kebutuhan bisnis Anda, mulai dari Layanan Starter, Layanan Pro, dan Layanan Enterprise. Setiap layanan memiliki fitur yang dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan bisnis, seperti pada Layanan Pro yang memiliki fitur multi agent, Omnichannel, Broadcast Conversation Top Up, Verified, dan Rest API & Weebhook.

Dengan memanfaatkan keunggulan omnichannel dapat meningkatkan efisiensi operasional, memperkuat hubungan dengan konsumen, dan tetap relevan di tengah persaingan yang semakin ketat. Omnichannel bukan hanya strategi pemasaran, tetapi juga pendekatan integral untuk membangun hubungan yang kuat dan berkelanjutan dengan pelanggan di masa depan.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.