Tutorial Mendapatkan WhatsApp Enterprise untuk Bisnis Anda

Jul 7, 2022

Banyak orang yang masih belum mengetahui cara mendapatkan whatsapp khusus untuk bisnis yakni WhatsApp Business API atau sering disebut WhatsApp enterprise. Whatsapp mengeluarkan produk ini  dengan harapan mampu membantu bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan lebih efektif.

WhatsApp enterprise hadir dengan berbagai macam fitur yang sangat membantu bisnis anda bekerja secara otomatis dan real time dalam merespon setiap pesan pelanggan. Selain itu, whatsapp enterprise juga akan membantu bisnis Anda untuk menyediakan layanan dukungan pelanggan selama 24/7.

Anda dapat memanfaatkan WhatsApp untuk layanan pelanggan, keterlibatan, atau untuk perdagangan untuk bisnis anda. Tapi sebelum itu Anda harus terlebih dahulu menyiapkan WhatsApp enterprise untuk bisnis Anda. Artikel ini akan akan membantu Anda memulai WhatsApp enterprise. Tanpa basa-basi, mari kita bersiap untuk menyiapkan WhatsApp enterprise.


Apa Itu WhatsApp Enterprise?

WhatsApp enterprise lahir ketika pemilik bisnis ingin menjangkau semua pelanggannya secara mudah dan efisien. Pada dasarnya, WhatsApp Business API atau whatsapp enterprise ini berbeda dari aplikasi WhatsApp yang Anda gunakan sehari-hari. Dengan menggunakan WhatsApp enterprise ini, Anda bisa menjalin komunikasi yang intens dengan pelanggan tanpa menggunakan banyak perangkat pendukung.

Pesan yang digunakan dalam WhatsApp Business API ini pun bisa dipersonalisasi sedemikian rupa. Sehingga, pelanggan merasa begitu dekat dengan bisnis Anda. Di mana nantinya hal-hal seperti ini akan memberikan dampak positif pada perkembangan bisnis Anda.

Lalu apa perbedaan WhatsApp Business API dan WhatsApp Business yang sudah ada? Jika dipelajari lebih lanjut, ada banyak perbedaan signifikan antara keduanya. Perbedaan yang terlihat di mana WhatsApp Business API ini memungkinkan untuk diintegrasikan dengan CRM atau aplikasi lain di perusahaan Anda. Di mana dalam hal ini, Qiscus bisa membantu dalam menjelaskan dan juga melakukan instalasi WhatsApp Business API untuk bisnis Anda.

Apa Keuntungan Menggunakan WhatsApp Enterprise?

Sebelum membahas cara penerapan WhatsApp Enterprise dan juga Cara Penggunaannya. Sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu keuntungannya sebagai berikut :

1. Menghemat Dana Operasional Bisnis Anda

Alokasi dana untuk customer service dengan adanya WhatsApp Enterprise atau WhatsApp Business API bisa segera Anda alihkan untuk pengembangan bisnis. Anda tidak perlu mempekerjakan banyak orang untuk merespon pesan dari pelanggan secara real time. Lantaran semua sudah dilakukan secara otomatis ketika Anda menggunakan WhatsApp Business API.

2. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Respon yang cepat dan solusi yang tepat berbanding lurus dengan kepercayaan & kepuasan pelanggan. Hadirnya WhatsApp Enterprise atau WhatsApp Business API salah satunya untuk menumbuh rasa percaya pelanggan terhadap layanan dan produk yang Anda miliki. Dengan pesan yang lebih personal, ketepatan serta kecepatan pengiriman pesan akan membuat pelanggan lebih bahagia. Hal ini secara langsung akan meningkatkan rasa percaya untuk menggunakan layanan dan produk Anda kembali.

3. Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Mengapa produktivitas karyawan bisa ditingkatkan? WhatsApp Enterprise atau WhatsApp Business API bisa menyelesaikan masalah-masalah sederhana yang dimiliki oleh pelanggan. Sedangkan tim customer service Anda bisa lebih fokus dalam menyelesaikan masalah yang lebih kompleks. Dengan ini akan mempermudah Anda juga untuk meningkatkan performa dan layanan yang Anda miliki. Sehingga komplain pelanggan akan berangsur berkurang seiring dengan pengembangan layanan yang dilakukan.

Bagaimana Cara Kerja WhatsApp Enterprise?

WhatsApp enterprise atau WhatsApp Business API bekerja seperti WhatsApp messenger pada umumnya. Dimana pelanggan yang mengirim pesan berupa pertanyaan atau permintaan ke nomor WhatsApp yang disediakan bisnis. Setelah itu bisa dapat merespon pesan tersebut dalam bentuk tulisan, gambar, video dan lainya.

Dengan adanya fitur integrasi pada WA corporate, setiap pesan yang masuk akan disimpan pada database. Selanjutnya admin yang aktif dapat merespon pesan tersebut hingga menemukan solusi. Pesan yang telah berakhir akan ditandai dengan resolved. Artinya pesan tersebut tidak dapat diedit atau dilanjutkan lagi.

Pada WhatsApp enterprise dapat asisten virtual ChatBot yang mampu menyelesaikan permintaan pelanggan sederhana. Bisnis juga dapat mengatur pesan auto reply yang akan merespon pelanggan secara otomatis kapanpun berinteraksi.

Apa Saja Fitur yang Dimiliki WhatsApp enterprise?

WhatsApp enterprise memiliki fitur yang mendukung interaksi bisnis dan pelangan lebih efektif. Fitur tersebut juga membantu bisnis dalam pemasaran produk yang dijual, sehingga meningkatkan pendapatan.

Berikut fitur-fitur yang wajib dimiliki WhatsApp enterprise, diantaranya:

– ChatBot

Whatsapp enterprise juga dilengkapi fitur yang memungkinkan menjawab chat otomatis dengan menggunakan kata kunci selama 24 jam nonstop. Berbeda dengan tim CS yang terbatas waktu operasional.

– Auto-reply

Fitur satu ini akan menjawab semua pertanyaan pelanggan secara otomatis. Auto-reply akan memindai pesan dan menjawab berdasarkan trigger dari pesan tersebut. Jawaban yang diberikan telah dibuat sebelumnya.

– Multi User

WhatsApp Enterprise memiliki fitur yang memungkinkan 1 nomor whatsApp bisa digunakan oleh beberapa pengguna sekaligus. Berbeda dengan WhatsApp Business hanya bisa digunakan untuk beberapa device.

– Akun WhatsApp enterprise Terverifikasi

Tanda centang hijau atau verified badge diberikan pihak WhatsApp untuk menunjukan bahwa akun terbukti memiliki bisnis. Dengan adanya centang hijau pada akun WhatsApp Anda diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas dimata pelanggan.

– BROADCAST MESSAGE

WhatsApp API mampu mengirimkan pesan secara bersamaan ke nomor pelanggan tak terbatas ke semua database kontak dan grup. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas tim CS dan media promosi yang efisien.

– Pembuatan Form Chat

Fitur ini memungkinkan anda untuk Membuat formulir dengan menggunakan WhatsApp



Bagaimana Cara Membuat WhatsApp enterprise?

Berbeda halnya dengan WA Business biasa yang dapat diunduh di PlayStore atau Appstore, WA corporate yang lebih canggih tidak dapat diperoleh dengan cara yang sama. Cara mendaftar WhatsApp enterprise harus bermitra dengan ISV di negara yang bersangkutan.

Langkah-langkah selengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Hubungi Official ISVP WhatsApp

Anda bisa menghubungi official ISVP WhatsApp melalui situs web dimana tersedia Customer Support atau langsung mengisi Formulir demo. Tim dari ISVP yang Anda hubungi kemudian akan menghubungi Anda kembali untuk melanjutkan proses pendaftaran, seperti meminta Anda untuk melengkapi dokumen bisnis yang diperlukan untuk kemudian akan diajukan pada pihak WhatsApp.

2. Verifikasi Dokumen

Dokumen bisnis Anda akan diverifikasi untuk melihat apakah bisnis Anda layak atau tidak untuk memperoleh layanan WhatsApp untuk corporate yang hanya bisa didapatkan oleh bisnis atau perusahaan yang telah memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh pihak WhatsApp. Beberapa di antaranya adalah memiliki Facebook Business Manager dan dokumen bisnis yang lengkap, menjual atau menawarkan barang yang legal, dan sebagainya.

Step 3. Mengaktifkan Nomor Bisnis dan Lengkapi Profil

Anda hanya diperbolehkan memiliki 1 nomor bisnis dan tidak dapat diganti. Oleh karenanya, pilihlah satu nomor yang Anda sukai untuk menjadi nomor bisnis Anda. Aktifkan nomor bisnis Anda. Setelahnya, sediakan informasi bisnis pada profil Anda sedetail agar pelanggan mudah mengenali bisnis Anda.



Step 4. Login dan Gunakan WhatsApp enterprise

Anda akan diberikan sebuah credential yang digunakan untuk melakukan login pada layanan WhatsApp untuk corporate Anda. Setelah Anda berhasil login, Anda dapat membuat berbagai pengaturan pesan dan mengirimkan pesan percobaan.

Step 5. Lakukan uji Coba

Terakhir, cobalah untuk mengirimkan pesan. Tujuannya agar memastikan apakah WhatsApp enterprise Anda sudah bisa bekerja dengan baik atau tidak.

Dapatkan WhatsApp enterprise untuk Bisnis Anda Sekarang!

WhatsApp enterprise adalah solusi terbaik untuk bisnis meningkatkan layanan pelanggan. Pasalnya produk WhatsApp ini dilengkapi fitur yang sangat mendukung segala aktivitas bisnis.









Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.