Cara Mendapatkan WhatsApp Verified Badge Menggunakan WhatsApp API

Maraknya penipuan yang terjadi melalui WhatsApp membuat banyak orang ragu melakukan transaksi online lewat aplikasi tersebut. Untuk mengatasi keraguan tersebut, WhatsApp mengeluarkan fitur verified badge atau tanda centang hijau yang menunjukkan bahwa akun bisnismu telah terverifikasi secara resmi menggunakan WhatsApp API.

Apa itu Verified Badge atau Centang Hijau pada WhatsApp?

Verified badge atau centang hijau pada WhatsApp merupakan tanda bahwa bisnismu merupakan akun resmi yang sudah diverifikasi langsung oleh WhatsApp.

Tanda tersebut diberikan setelah pemilik bisnis mengonfirmasi nomor kontak yang digunakan benar memiliki sebuah bisnis dan menggunakan akun WhatsApp resmi bisnis (WhatsApp official business account). Jadi, dengan kata lain, verified badge ini tidak akan diberikan untuk akun individu atau perorangan.

Setelah mendapatkan WhatsApp verified badge, nomor bisnismu tidak akan tampak pada ruang obrolan meski penerima pesan belum menyimpan nomor bisnismu tersebut. Artinya, nama bisnismulah yang akan muncul secara otomatis sebagai pengirim pesan.

Pentingnya WhatsApp Verified Badge untuk Bisnis

Tahukah kamu? Berdasarkan survei yang dilakukan Microsoft Indonesia pada 2019, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan digital Indonesia hanya mencapai 44% saja.

Nah, kehadiran WhatsApp verified badge ini tentu sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnismu. Tanda centang hijau tersebut menunjukkan bahwa bisnismu bukanlah penipuan karena sudah terverifikasi resmi oleh WhatsApp.

Bahkan, centang hijau pada WhatsApp juga dapat meningkatkan penjualan bisnismu. Hal ini disebabkan berkurangnya keraguan pelanggan saat melakukan transaksi dengan bisnismu. Pelanggan akan merasa lebih aman saat melakukan transaksi dengan bisnis yang terpercaya.

Cara Mendapat WhatsApp Verified Badge

Melihat begitu bermanfaatnya tanda centang hijau WhatsApp, sangat penting bagi bisnismu untuk segera mendapatkan verified badge ini. Berikut adalah langkah registrasi yang harus kamu tempuh untuk mendapatkan WhatsApp verified badge.

  1. Verifikasi akun bisnismu

Untuk mendapatkan centang hijau WhatsApp, kamu harus memverifikasi akun bisnismu melalui Facebook Business Manager. Tahap ini memastikan apakah bisnismu memenuhi persyaratan atau tidak. Oiya, jangan lupa persiapkan NPWP dan SIUP yang menunjukkan bahwa produk bisnismu bukan barang ilegal.

  1. Gunakan Official WhatsApp Business API

Langkah selanjutnya adalah lakukan aktivasi nomor perusahaanmu dengan WhatsApp Business API. Hanya saja, tahap ini hanya dapat dilakukan oleh Official Business Partner WhatsApp atau Business Solution Provider (BSP). Setelah aktivasi berhasil, barulah BSP akan memproses pengajuan Official Business Account ke pihak WhatsApp.

Salah satu BSP WhatsApp yang menyediakan layanan terbaik di Indonesia adalah MaxChat. Dengan menghubungkan nomor perusahaan dengan WhatsApp Business API melalui MaxChat, kamu akan mendapatkan berbagai fitur menarik yang dibutuhkan oleh bisnismu. Mulai dari fitur notifikasi, CRM, sampai dengan chatbot. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

  1. Dapatkan verified badge atau tanda centang hijau WhatsApp

Setelah BSP melakukan pengajuan Official Business Account, WhatsApp akan mereview apakah bisnismu telah memenuhi persyaratan atau tidak. Proses ini berkisar kurang lebih selama 1-2 hari kerja. Namun, untuk beberapa kasus tertentu, proses verifikasi ini dapat memakan waktu hingga satu minggu lebih.

Jika persyaratan yang diajukan lolos tahap verifikasi ini, bisnismu akan mendapatkan verified badge atau tanda centang hijau resmi WhatsApp. Namun, jika berkas-berkas pengajuan tidak memenuhi persyaratan, kamu bisa meminta bantuan BSP MaxChat untuk mengajukan ulang permohonan verifikasi tersebut.

Oiya, dilansir dari laman resmi WhatsApp, akun bisnis yang menjual berbagai produk berikut tidak akan diverifikasi oleh WhatsApp.

  • Drugs
  • Tobacco items
  • Gambling businesses
  • Alcohol brands
  • Weapons & ammunition businesses
  • Live animals
  • Adult product/services
  • Medical & healthcare products
  • Dating services
  • Cryptocurrencies


Verified badge atau centang hijau WhatsApp memang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan bisnismu. MaxChat selalu siap untuk membantu seluruh proses pengajuan WhatsApp verified badge tersebut. Segera hubungi kami untuk berdiskusi dan konsultasikan kebutuhan bisnismu lebih lanjut. MaxChat akan menawarkan solusinya.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.