Kategori dan Harga Baru Untuk Conversations WhatsApp API

Mulai 1 Juni 2023, WhatsApp mengubah harga WhatsApp API Official. Akan ada 3 perubahan yang akan kami bahas dalam artikel ini:

  1. Kategori Percakapan Baru
  2. Perubahan Pada Percakapan Tingkat Gratis (1000 Percakapan Bulanan gratis).
  3. Tarif Beberapa Kategori Conversation

Selain itu, dalam artikel ini kami akan membagikan perubahan pada prosedur pendaftaran template dan contoh penerapan dengan harga baru.

1.Kategori Percakapan Baru

Inbound message  dan Outbound message akan menjadi 4 kategori baru diantaranya :

  • Kategori Service sama dengan  Inbound Message kategori Service
  • Kategori Utility sama dengan Outbound Message kategori Utility (Notifikasi)
  • Kategori Authentication sama dengan Outbound Message kategori Autentikasi (OTP)
  • Kategori Marketing sama dengan Outbound Message kategori Marketing

Kategori Service (klik untuk penjelasan)

Adalah percakapan layanan dimulai dengan mengirimkan balasan customer.

Semua percakapan yang dimulai oleh pengguna akan dikategorikan sebagai percakapan layanan (Service conversation), yang membantu pelanggan menyelesaikan pertanyaan. Selanjutnya free dalam waktu 24 jam.

Kategori Service akan memenuhi syarat untuk 1000 percakapan bulanan gratis.

Approval pengajuan paling cepat 1 x 24 jam, dan paling lama 2 x 24 jam.

Gambar berikut merupakan contoh percakapan kategori service

Kategori Utility (klik untuk penjelasan)

Adalah pesan yang diinisiasi dengan template (HSM) pada kategori utility.

Fungsi
Anda akan menggunakan Kategori Utility untuk mengirimkan customer anda sebuah pesan spesifik, ketika ada request atau transaksi atau update. contoh:
1. Pembaruan akun, pembaruan orderan, pembaruan program loyalitas
2. Notifikasi bukti pembayaran, konfirmasi transfer uang, dan transaksi-transaksi finansial lainnya

Approval pengajuan paling cepat 1 x 24 jam, dan paling lama 2 x 24 jam.

Gambar berikut merupakan contoh percakapan kategori utility

Kategori Authentication (klik untuk penjelasan)

Adalah pesan yang diinisiasi dengan template (HSM) pada kategori Authentication.

Fungsi
Anda akan menggunakan Kategori Authentication untuk mengirim customer anda satu-kali password untuk verifikasi akun, pemulihan akun, transaksi, otorisasi, dll

Approval pengajuan paling cepat 1 x 24 jam, dan paling lama 2 x 24 jam.

Gambar berikut merupakan contoh percakapan kategori authentication

Kategori Marketing (klik untuk penjelasan)

Adalah pesan yang di inisiasi dengan template (HSM) pada Kategori Marketing.

Fungsi
Anda akan menggunakan Kategori Marketing untuk mengirim promosi, update informasi, atau undangan untuk pelanggan yang membutuhkan respon atau aksi.

Serta pesan lain yang tidak dapat digunakan pada kategori Utilityatau Authenticationakan termasuk ke Kategori Marketing

Approval pengajuan paling cepat 1 x 24 jam, dan paling lama 2 x 24 jam.

Gambar berikut merupakan contoh percakapan kategori marketing

2. Perubahan Pada Percakapan Tingkat Gratis

Mulai 1 Juni 2023 hanya Service (User initiated) Conversation yang akan mendapatkan Free 1.000 Conversation.

Percakapan diinisiasi oleh perusahaan/instansi tidak akan lagi termasuk dalam tarif gratis.

3.Tarif Beberapa Kategori  Conversation

Biaya percakapan akan didasarkan pada kategori template. Saat template dikirimkan, hal itu membuka percakapan baru dan dikenakan biaya dari kategori percakapan tersebut, kecuali jika template dikirimkan selama percakapan terbuka dari kategori tersebut. Misalnya, jika Kategori Utility terbuka dan template Marketing  dikirimkan dalam percakapan terbuka tersebut, Kategori Marketing baru yang terpisah akan dibuka dan biaya percakapan Marketing dimulai.

Namun, mengirimkan beberapa template dari kategori yang sama dalam percakapan terbuka tidak akan dikenakan biaya tambahan. Misalnya, perusahaan/instansi dapat mengirim beberapa template Utility  dalam Kategori Utility terbuka tanpa biaya tambahan.

Kategori Service hanya akan dimulai saat tidak ada jendela percakapan lain yang terbuka dan bisnis membalas dengan pesan formulir gratis dalam jendela layanan pelanggan 24 jam.

PENTING! Jika perusahaan/instansi  membalas customer dengan pesan template atau mengirim pesan template dalam percakapan layanan terbuka, percakapan baru akan dibuka berdasarkan kategori template.

Contoh 1. Single conversation (klik untuk penjelasan)

Perusahaan/instansi mengirim pesan template utilty (notifikasi) pada pukul 12:00 sehingga memulai percakapan utility.

Perusahaan/instansi akan dikenakan biaya satu kali Kategori Utility pada jam 12.00

Gambar berikut merupakan contoh single conversation

Contoh 2. Multiple conversations of the same category (klik untuk penjelasan)

Perusahaan/instansi : mengirim pesan template utility pada pukul 12:00 sehingga memulai percakapan utility.

Perusahaan/instansi : mengirim pesan template utility lain pada pukul 12:10.

Tarif : Perusahaan/instansi akan dikenakan biaya satu Kategori Utility pada pukul 12:00.

Gambar berikut merupakan contoh Multiple conversations of the same category

Contoh 3. Multiple conversations of different category (klik untuk penjelasan)

Perusahaan/instansi : mengirim pesan template utility pada pukul 12:00 sehingga memulai Kategori Utility.

Perusahaan/instansi: mengirimkan pesan template marketing pada pukul 12:03 sehingga memulai Kategori marketing

Tarif : Perusahaan/instansi akan dikenakan biaya satu Kategori Utility pada pukul 12:00 dan satu Kategorimarketingpada pukul 12:03.

Gambar berikut merupakan contoh Multiple conversations of different category

Contoh 4. Template messages within Kategori Service (klik untuk penjelasan)

Customer : mengirim pesan ke Perusahaan/instansi pada pukul 12:20.

Perusahaan/instansi: balas pesan ini pada pukul 12:20 sehingga memulai Kategori Service.

Perusahaan/instansi: mengirimkan pesan template Marketing  pada pukul 12: 23 sehingga memulai Kategori Marketing .

Tarif : Perusahaan/instansi akan dikenakan biaya satu Kategori Service pada pukul 12:20 dan satu KategoriMarketing pada pukul 12:23.

Gambar berikut merupakan contoh Template messages within Kategori Service

Aturan inisiasi percakapan & biaya user initiated

Perubahan pada pendaftaran template

Akan ada perubahan pada cara pendaftaran template :

  • Kategori template baru
  • WhatsApp akan memperbarui kategori template lama
  • Perubahan pada pendaftaran kategori template

Kategori template baru Mulai 31 Maret 2023

Berikut  kategori baru template WhatsApp:
UTILITY (sebelumnya disebut TRANSACTIONAL) – pesan notifikasi (mis., status pesanan).
AUTHENTICATION (sebelumnya disebut OTP) – pesan otentikasi dengan kata sandi satu kali.
MARKETING (tidak ada perubahan) – pesan MARKETING.

Gunakan kategori baru saat mendaftarkan template melalui dashboard atau API.

Klik tombol di bawah ini untuk Informasi panduan tamplate utility, authentication & marketing Whatsapp API:

Cek semua kategori template anda sebelum 1 Juni 2023.


Cek kategori template lama anda  
hal tersebut akan membantu anda  untuk membuat plan budget anggaran setelah perubahan harga.

Pantau terus kategori template terbaru anda
Rencanakan anggaran dari kategori template anda, perhatikan notifikasi yang kami kirimkan jika kategori template berubah dari whatsapp.

Ketika mengirim pesan ke customer gunakan form pengiriman pesan gratis
Jangan menggunakan template untuk mengirim pesan saat berlangsungnya User Initiated conversation. Dengan begitu, Anda akan menghindari membayar ekstra untuk percakapan tambahan Business Initiated

Menggunakan pesan interaktif untuk chatbot
Menggunakan interaktif pesan (Reply button dan  interaktif menu ) jika kamu ingin mengirim pesan ke customer saat sedang  interaksi chat . Dengan begitu, Anda akan menghindari membayar ekstra untuk percakapan tambahan Business Initiated

Jika masih ada pertanyaan?
Konsultasikan pertanyaan anda dengan Maxchat,  Maxchat siap menjawab semua pertanyaan melalui email berikut: support@maxchat.id

FAQ (Klik untuk penjelasan)

Mengapa WhatsApp melakukan perubahan ini? 

WhatsApp yakin bahwa harga baru ini paling menggambarkan nilai dan kasus penggunaan yang diperoleh bisnis dari pengiriman pesan template.

Mengapa Kategori Marketing semakin mahal? 

Nilai yang didapat perusahaan/instansi dari pengiriman pesan template Marketing jauh lebih tinggi daripada harga saat ini. Jadi, WhatsApp memutuskan untuk mengimplementasikan ini pada harga.

Mengapa Kategori Utility dan Authentication  menjadi lebih murah? 

WhatsApp memutuskan untuk membedakan lalu lintas keluar seperti SMS.Untuk menerapkan diferensiasi ini, mereka menurunkan harga Utility dan Authentication  serta menaikkan harga pemasaran.

Apakah saya akan membayar lebih setelah 1 Juni 2023? 

Hal itu tergantung pada bagaimana Anda menggunakan WhatsApp Business API. Jika Anda menggunakan WhatsApp untuk mengobrol dengan customer atau mengirim pemberitahuan layanan, Anda akan membayar sama atau lebih rendah. Jika Anda melakukan Marketing (kampanye) keluar, Anda mungkin akan membayar lebih.

Apakah akan ada perubahan biaya berlangganan? 

TIDAK.

Bagaimana WhatsApp memahami apakah suatu bisnis mengirimkan pesan format bebas atau pesan template selama percakapan terbuka yang dimulai oleh pengguna? 

Berdasarkan apakah pesan sesuai dengan template terdaftar. Jika pesan sesuai dengan template terdaftar, WhatsApp menganggapnya sebagai pesan template.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.