Mengenal Fitur Multi-Device 2.0 WhatsApp yang Bakal Segera Dirilis

Sebagai salah satu aplikasi chatting yang sering digunakan, WhatsApp terus mengembangkan fitur baru untuk memudahkan komunikasi antarpengguna.

Saat ini, WhatsApp tengah mengembangkan fitur multi-device 2.0 yang merupakan penyempurnaan multi-device WhatsApp terdahulu yang mengharuskan smartphone tetap terhubung dengan internet. Apabila smartphone mati, WhatsApp Web atau Desktop tidak bisa digunakan.

Lalu, bagaimana cara kerja dan penggunaan fitur multi-device 2.0 ini?

Fitur Multi-Device 2.0 WhatsApp

Fitur multi-device 2.0 WhatsApp memungkinkan pengguna mengakses satu akun WhatsApp dari empat perangkat berbeda secara bersamaan, seperti smartphone, PC desktop, tablet, dan laptop.

Menariknya, fitur multi-device 2.0 ini akan tetap aktif meski perangkat utama atau WhatsApp smartphone tidak terhubung ke internet. Selain itu, pesan pribadi, media, dan panggilan akan tetap terenskripsi secara end-to-end. Sistem tersebut akan menjamin keamanan data pribadi dan obrolan pengguna di WhatsApp.

Oiya, perlu diketahui, fitur multi-device 2.0 tidak memungkinkan pengguna memakai satu nomor di dua smartphone, melainkan hanya satu nomor untuk satu smartphone ditambah dengan empat perangkat lain yang tertaut.

Jadi, bisa dikatakan bahwa cara kerja fitur multi-device 2.0 ini sama seperti media sosial yang bisa masuk/log in di perangkat apapun dalam waktu yang sama.

Sayangnya, fitur ini masih belum dapat dinikmati oleh pengguna umum, melainkan baru bisa digunakan pada aplikasi WhatsApp atau WhatsApp Business versi beta.

Beberapa Fitur Lain yang Tidak Berfungsi saat Mengakses Multi-Device 2.0

Terlepas dari keunggulan fitur multi-device 2.0 ini, fitur WhatsApp lainnya yang tidak dapat digunakan saat menautkan perangkat juga cukup banyak.

Misalnya, fitur melihat live location di perangkat lain dan menyematkan ruang obrolan. Kemudian, pengguna tidak dapat bergabung, melihat, dan mengatur ulang undangan grup dari WhatsApp Web dan Desktop.

Selain itu, pengguna jika tidak dapat menelepon seseorang yang menggunakan versi WhatsApp yang sangat lama dari perangkat tertaut. Panggilan dari WhatsApp Portal atau WhatsApp Desktop ke perangkat tertaut yang tidak terdaftar dalam versi multi-device 2.0 juga tidak didukung.

Sementara itu, pengguna WhatsApp Business tidak dapat mengedit nama atau label bisnis mereka melalui WhatsApp Web atau Desktop.

Cara Menggunakan Fitur Multi-Device 2.0 WhatsApp

Kalau kamu tertarik mencoba fitur multi-device 2.0 WhatsApp ini, kamu perlu menggunakan aplikasi WhatsApp versi beta. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Android

  • Buka WhatsApp
  • Pilih More Options
  • Ketuk Linked Devices
  • Klik Multi-Device Beta
  • Pilih Join Beta

iPhone

  • Buka WhatsApp
  • Pilih WhatsApp Settings
  • Ketuk Linked Devices
  • Klik Multi-Device Beta
  • Pilih Join Beta

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.